Asal Muasal PMK Harus Dicari Tahu

Asal Muasal PMK Harus Dicari Tahu
Seorang petugas veteriner sedang melakukan penyuntikan kepada hewan ternak, beberapa waktu lalu (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak cukup membuat para petani ketakutan. Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno, mengatakan asal muasal wabah PMK harus diketahui dan bagaimana penyebarannya secara ilmiah

“Bukan semata mata dalam kondisi darurat ini kita mencegah. Namun, asal muasal wabah ini harus diketahui agar proteksinya menyeluruh,” jelas Sutrisno di sela-sela kegiatannya, Rabu (18/5).

Dikatakan, hal tersebut sangat penting untuk diketahui lantaran untuk mencegah wabah tersebut datang kembali.

Baca Juga:Ini Pesan Sekda Jabar dalam Reformasi BirokrasiUu Ruzhanul Ulum Instruksikan OPD Segera Tindaklanjuti Hasil Pemeriksaan BPK

“Jangan sampai jika wabah ini selesai karena tidak diketemukan asal muasalnya, wabah ini berkembang kembali. Hal ini yang sekarang kita sedang cari tahu, apakah ini bawaan dari luar atau bagaimana ini sedang kita cari tahu,” ungkap Sutrisno.

Sutrisno menegaskan, peran pemerintah daerah sangat dibutuhlan untuk menanggulangi wabah PMK yang sedang terjadi.

“Peran pemerintah daerah sangat menentukan karena pemerintah pusat tidak serta merta bisa masuk begiti saja kalau tidak ada laporan dari pemerintah daerah,” tandas Sutrisno.

Menurutnya, masih banyak kearidan lokal yang dapat dijadikan suplemen bagi hewan ternak dan dapat memperbaiki kondisi hewan ternak yang terjangkit PMK.

“Dua ekor sapi yang positif sekarang satu sudah sembuh dan tidak menggunakan suplemen dari pusat. Ini hanya menggunakan obat obatan tradisional saja, kita ini kaya akan rempah yang bisa mengobati baik manusia ataupun hewan,” pungkasnya. (kga)

0 Komentar