Macam-Macam Sikap Sabar Dan 5 Keutamaannya Dalam Islam

Macam-Macam Sikap Sabar Dan 5 Keutamaannya Dalam Islam
Macam-Macam Sikap Sabar Dan 5 Keutamaannya Dalam Islam (ilustrasi/nett)
0 Komentar

sumedangekspres – Dalam agama Islam, setiap perbuatan dan tingkah laku manusia telah diatur dalam Alquran dan hadis. Setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan perbuatan yang menghasilkan amalan saleh serta disukai dan diridhoi Allah SWT. Dalam agama Islam, sabar memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan perbuatan yang menghasilkan amalan shaleh serta disukai dan diridhai Allah Swt.

Dengan sabar masalah yang kita hadapi jadi terasa lebih ringan, dengan sabar masalah yang kita hadapi bisa diselesaikan dengan lebih efektif, dengan sabar masalah yang kita hadapi dapat diselesaikan tanpa menyisakan rasa sakit hati atau menimbulkan rasa sakit hati lainnya, dengan sabar pula kita akan senantiasa menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan tenteram tanpa merasa gelisah apalagi ber-muram hati.

Aktualitas Sabar

Kata sabar mudah diucapkan namun aplikasinya dalam kehidupan butuh kesungguhan.

Sabar adalah salah satu terapi penyakit hati. Ketika seseorang yang mendapat musibah dapat  menghadapinya dengan ikhlas dan sabar, maka Allah akan menaikkan  keimanannya dan menyediakan pahala baginya menjadi salah satu keutamaan sabar. Allah SWT tidak akan pernah memberikan cobaan atau ujian yang berat diluar batas kemampuan umatnya. Maka dari itu, kita harus bersyukur ketika Allah memberikan ujian yang bertanda bahwa Allah masih menyayangi umatnya.

Firman Allah dalam Al – Quran:

Baca Juga:Camat Bidik Tiga Unsur Kembangkan DarmarajaSumedang Akan Bangun Museum Purba

“…Dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Anfal : 46)

Sabar itu bentuk kemampuan pengendalian diri sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang dimilikinya.

Apalagi ketika ujian itu bisa dilewati dengan baik tanpa mengeluh, bersabar, dan menikmati apa yang Allah kasih ujian ini membuat kita menjadi lebih mendewasakan diri. Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan.

Keistimewaan Sabar

Allah memerintahkan langsung kepada umat untuk menerapkan sabar dalam setiap masalah yang dihadapi, perkara sabar juga memiliki banyak keutamaan dalam Islam baik keutamaan duniawi maupun keutamaan ukhrowi. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan dari sifat sabar dalam agama Islam, diantaranya.

0 Komentar