Perbaikan Jalan Banjarsari – Sukamanah Harus Jadi Prioritas

Perbaikan Jalan Banjarsari - Sukamanah Harus Jadi Prioritas
Seorang warga melintas di jalan rusak Banjarsari-Sukamanah Kecamatan Jatinunggal, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINUNGGAL – Perbaikan di jalan strategis Kabupaten Sumedang yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal harus segera dilakukan.

Ruas jalan Banjarsari-Sukamanah yang merupakan akses jalan paling singkat menuju pusat perkotaan Kecamatan Jatinunggal sudah lama dalam kondisi rusak.

Salah satu pedagang keliling asal Kecamatan Wado, Sutisna menyebutkan, dirinya hampir setiap hari melalui akses jalan tersebut untuk menuju daerah Desa Sukamanah dan Cimanintin. Sebab, akses jalan tersebut merupakan akses jalan paling singkat dan efektif untuk mempersingkat waktu.

Baca Juga:Hadapi Idul Adha, Jabar Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban SehatPeringati Hari Lanjut Usia Nasional, Uu: Ini Akan Menjadi Perhatian Kami

“Kalau pagi-pagi saya punya target jualan ke wilayah Sukamanah dan Cimanintin. Untuk mengejar waktu saya biasa lewat sini, karena ini jalan paling singkat. Perbandingan dengan lewat Kirisik bisa dua kali lipat, tapi sayangnya akses jalan di daerah ini sangat buruk,” katanya kepada Sumeks, Senin (30/5).

Dia menilai, apalagi kalau akses jalan tersebut mulus, maka jarak waktu dari Banjarsari ke Sukamanah bisa ditempuh dalam jangka waktu beberapa menit saja.

“Saya harap, jalan ini bisa mulus agar usaha jualan saya juga lancar,” kata dia.

Terpisah, Kepala Desa Sukamanah, Tosin menyebutkan, terkait akses jalan tersebut pihak desa sudah berupaya memperbaikinya. Namun, melihat kemampuan anggaran desa pihaknya hanya bisa memperbaiki dua titik akses jalan yang rusak parah.

“Tahun kemarin kita sempat perbaiki tapi kemampuan anggaran tidak memadai untuk memperbaiki sepenuhnya,” katanya.

Dikatakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan anggaran ke kabupaten untuk memperbaiki akses jalan yang menunjang berbagai macam kegiatan masyarakat. Diharapkan ajuan tersebut bisa terealisasi pada anggaran perubahan.

“Saya berharap ini teranggarankan di perubahan, agar aktivitas masyarakat jadi nyaman,” tukasnya. (eri)

0 Komentar