Kodim 0610/Sumedang Ukur Kemampuan Fisik Prajurit

Kodim 0610/Sumedang Ukur Kemampuan Fisik Prajurit
Beberapa prajurit TNI dari Kodim 0610/Sumedang memeriksakan kesehatan sebelum melakukan Tes Garjas Periode 1, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik prajurit, Kodim 0610/Sumedang melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2022, Kamis (2/6).

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Cigugur dan Kolam Renang Cikupa Kabupaten Sumedang dengan dihadiri Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE MSi dan Pajasrem 062/Tn Kapten Inf Purwanto. Hadir pula Kesrem Kapten Ckm Deden Pipin, Pasi Pers Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dadang Setiawan dan Pasi intel Kapten Inf Ahmad Syarifuloh.

Pelaksanaan Tes Garjas Periodik I TA 2022 ini meliputi Tes Kesegaran ‘A’, yaitu melaksanakan Lari dengan waktu 12 Menit. Kemudian, Tes Kesegaran ‘B’ meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunghes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run. Selain itu, juga dilaksanakan Tes Ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Baca Juga:Rancabaren Masih Sengketa, Warga Inginkan AudiensiTangis Mama

Sebelum melaksanakan Tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dengan dilakukan pengukuran tensi dan denyut nadi.

“Tim Kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan ambulance untuk antisipasi dan evakuasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, memberikan pertolongan pertama untuk mempermudah jalannya evakuasi bila sewaktu-waktu diperlukan,” ujar Dandim.

Jumlah pelaksanaan garjas gelombang I sebanyak 114 orang dengan yang melaksanakan 64 orang. Sementara yang tidak bisa melaksanakan 50 orang. Terdiri 22 orang tensi, dua orang riwayat Jantung, tiga orang mempunyai riwayat Struk, tiga orang riwayat batu ginjal, dua riwayat HNP, satu riwayat infeksi kornea mata serta 16 orang Over Weight.

“Pelaksanaan garjas dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 2 sampai 3 Juni 2022,” jelasnya.

Dijelaskan, tes Garjas periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI yang dilakukan dua kali dalam setahun.

“Maksud dan tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit. SekaIigus untuk mengukur kemampuan fisik para Prajurit Kodim 0610/Sumedang,” pungkasnya. (rls)

0 Komentar