5 Tips Meninggikan Badan Pada Masa Pertumbuhan

5 Tips Meninggikan Badan Pada Masa Pertumbuhan
Ilustrasi Tinggi Badan, Photo by Cookies Studio on Freepik/istimewa
0 Komentar

sumedangekspres – Beberapa orang ingin memiliki badan yang tinggi. Bagaimana cara meninggikan badan? Yu simak dibawah ini agar dapat memiliki badan yang tinggi.

Jika lempeng pertumbuhan yang ada di tulang panjang masih terbuka, maka penambahan tinggi bisa terjadi. Lempeng terbuka pada usia pubertas dan tertutup di usia 20-21 tahun.

Genetik, asupan gizi, serta eskternal dari lingkungan adalah berbagai faktor yang memengaruhi pertumbuhan tingga badan seseorang.

Baca Juga:BRI Setor Rp.27,09 Triliun ke Negara Sepanjang Tahun 2021Puisi: Pesona Sumedang

Semua butuh proses, tidak ada yang mudah cepat tumbuh menjadi tinggi.

Berikut beberapa tips meninggikan badan, termasuk pada usia pertumbuhan.

1. MEMENUHI NUTRISI YANG SEIMBANG

Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makronutrien yang vital untuk pertumbuhan tulang, seperti protein, baik hewani maupun nabati.

Nutrisi ini dapat dengan mudah ditemukan dalam daging, ikan, telur, makanan laut, tahu, tempe, kacang-kacangan, serta sumber karbohidrat yang baik seperti gandum.

Asupan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral, juga perlu dikonsumsi setiap hari. Vitamin dan mineral yang menunjang pertumbuhan tulang, antara lain vitamin D, kalsium, dan fosfor.

2. LEBIH SERING MAKAN

Anda dapat makan dengan frekuensi lebih sering untuk membantu menambah tinggi badan, misalnya makan 4-6 kali sehari. Akan tetapi, ini bukan berarti ‘asal makan’, ya.

Menu makanan yang dipilih tentu harus tinggi protein dan karbohidrat kompleks, serta kaya akan vitamin dan mineral.

3. HINDARI DARI GULA DAN LEMAK

Hindari asupan tinggi gula dan punya kandungan lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans. Makanan kaya gula seperti roti, biskuit, kue, cokelat, permen, serta fast food memiliki kandungan lemak trans yang tinggi.

Baca Juga:Lakukan Kurasi Produk Unggulan, BRI Hadirkan Kembali UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022Haji Aseng

Makanan jenis ini juga akan membuat pola makan Anda tidak sehat. Selain itu, gula dan lemak yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan di masa yang akan datang.

4. TIDUR YANG CUKUP

Tidak menyangka tidur cukup termasuk cara untuk menambah tinggi badan? Faktanya, saat tidur (terutama tidur malam) tubuh melepaskan hormon pertumbuhan.

Karena itu, pastikan Anda atau anak selalu tidur cukup setiap hari untuk menambah tinggi badan.

0 Komentar