Harga Cabai Rawit Tembus Rp 100 Ribu

Harga Cabai Rawit Tembus Rp 100 Ribu
ilustrasiu cabe rawit/istimewa/nett
0 Komentar

sumedangekspres, JAKARTA – Lagi-lagi harga cabai rawit kembali melonjak selama seminggu ini, salah salah satunya di pasar Slipi, Jakarta Barat.

Semula Rp 40.000 per kilogram kini harga cabai rawit merah naik hingga Rp 100.000 per kilogram.

Hal itu dirasakan langsung oleh salah satu pedagang sayur bernama Sri. Ia mengeluh lantaran harga tersebut naik hingga dua kali lipat.

Baca Juga:Dudi Supardi: Sanksi Pemda Sesuai ProsedurWabup Yana Hadiri Pengajian dan Doa Bersama Menyambut Hari Jadi Ciamis

“Beberapa ada yang naik hingga dua kali lipat lebih, salah satunya cabe rawit merah per kilogram,” kata Sri selaku pedagang pasar Slipi, Jakarta Barat.

Selain cabai rawit merah, jenis cabai lainnya juga ikut naik, seperti cabai merah keriting yang semula berkisar Rp 40.000 per kilogram menjadi Rp 70.000 per kilogram.

Harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp 50.000 per kilogram kini menjadi Rp 70.000 per kilogram.

Tidak hanya cabai, harga sayuran lainnya juga ikut naik seperti terong yang harga sebelumnya berkisar Rp 12.000 per kilogram kini menjadi Rp 15.000 per kilogramnya.

Sedangkan untuk harga bawang putih dan bawang merah sendiri masih stabil diharga Rp 60.000 per kilogram.

Sri mengatakan kenaikan harga yang terjadi selama sepekan ini diduga lantaran minimnya stok di Pasar Induk sedangkan permintaan semakin meninggi.

Dirinya mengaku kesulitan untuk menjual dengan harga yang tinggi karena takut kehilangan pelanggan.

Baca Juga:Warga Cikareo Selatan Keukeuh Desak Kades Mundur, Pemda Belum Tentukan Sanksi Kasus Foto MesraDubes Palestina Sampaikan Belasungkawa kepada Ridwan Kamil

“Kita juga susah lah jualnya karena enggak ada yang mau beli. Biasanya suka beli sekilo ini lama-lama hanya beli satu ons saja,” jelas dia.

Dirinya berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan kebijakan pada harga pokok agar bisa stabil kembali.

Hal sama juga dirasakan oleh pedagang lainnya, yaitu Syawal. Ia mengatakan harga pangan juga naik seperti telur dan tepung terigu curah.

“Tadinya harga telur Rp 28.000 per kilogram, sekarang naik Rp30.000 per kilogram, terus tepung kiloan yang tadinya Rp 9.000 naik seribu,” jelas Syawal.

Sedangkan untuk harga minyak masih dalam kondisi yang stabil, yaitu Rp 45.000 untuk kemasan dua liter dan Rp 23.000 untuk kemasan satu liter.

0 Komentar