Dua Mawapres Unpad Siap Bersaing di Ajang Pilmapres Wilayah

Dua Mawapres Unpad Siap Bersaing di Ajang Pilmapres Wilayah 
Rania Alifa Desenaldo (FMIPA) dan Randi Saputra (FEB) terpilih sebagai mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat Universitas Padjadjaran dan akan bersaing dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat regional, awal Juli mendatang (ist)
0 Komentar

 

“Ini akan menjadi bahan seleksi di tingkat wilayah,” tambah Yus.

Selain itu, ada kriteria penilaian lain yang tidak memiliki bobot penilaian, yaitu kepribadian.

Yus menjelaskan, kepribadian hanya dipakai untuk menilai kelayakan dan kepatutan peserta untuk menilai apakah dia layak atau tidak untuk melaju ke tahap nasional. “Jadi aspek ini dipakai untuk menilai kelayakan dan kepatutan. Misalkan ada dua calon yang secara kualifikasi dua-duanya bagus, aspek ini yang akan menentukan mana yang lebih layak,” ujarnya.

Mengenai tahapan seleksi, tahun ini para mawapres akan dipertandingkan terlebih dahulu bersama perguruan tinggi di tingkat wilayah yang sama. Setelah lolos di tahap wilayah, peserta terpilih akan bersaing di tahap seleksi nasional awal, setelah akan masuk ke tahap nasional final.

Baca Juga:Cappucino Boba Kebonkol Diburu PembeliSMK Negeri 1 Sumedang Luluskan 686 Siswa

“Kalau dulu PTN BH bisa head to head di nasional, sekarang hasil bersaing bersama perguruan tinggi lain di wilayah. Kita harapkan wakil Unpad bisa masuk ke tiga besar final nasional,” kata Yus.

Usai terpilih, Rania dan Randi akan mengikuti tahap intensif berupa pembekalan mengenai pembuatan poster dan video, serta perbaikan dari gagasan kreatif yang diajukan sebelum melakukan pendaftaran ke tahap wilayah.

Selain seleksi mawapres reguler, Unpad juga telah melakukan seleksi mawapres berdasarkan minat, bakat, dan prestasi (MBP) untuk tingkat universitas. Kategori ini adalah untuk mengakomodasi berbagai talenta mahasiswa yang tidak masuk pada kategori reguler, seperti memiliki minat, bakat, atau prestasi di bidang olahraga, kesenian, dan prestasi lainnya.

Yus menjelaskan, seleksi pada kategori MBP tidak hanya melihat bagaimana aktivitas dan prestasi mahasiswa selama berkuliah, tetapi bagaimana rekam jejaknya dalam mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Tahun ini, seleksi mawapres MBP diikuti 11 wakil dari fakultas, yang terdiri dari 9 wakil Sarjana dan 2 dari Sarjana Terapan (D-4).

Berdasarkan hasil seleksi universitas, terpilih dua wakil mawapres dari kategori MBP, yaitu Lasman (Fakultas Hukum) dan Khanha Shandika (Fakultas Ilmu Komunikasi).*

0 Komentar