SMK Negeri 1 Sumedang Luluskan 686 Siswa

SMK Negeri 1 Sumedang Luluskan 686 Siswa
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumedang Dra Elis Herawati MPd (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Pengumuman kelulusan siswa kelas 12 di SMK Negeri 1 Sumedang sudah diumumkan pada Jumat (3/6) lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumedang, Dra Elis Herawati MPd melalui Wakasek Bidang Kesiswaan Nono Sujana SPd MPd kepada Sumeks, Rabu (8/6).

“Untuk kelulusan siswa kelas 12 tahun pelajaran 2021- 2022, SMK Negeri 1 Sumedang meluluskan siswa sebanyak 686 orang siswa. Itu dari 10 kompetensi keahlian ( jurusan ),” katanya.

Baca Juga:Optimis, Budidaya Burung Puyuh Bisa Berjalan LancarPuluhan Mahasiswa Stikes Unsap Dapatkan Penghargaan

Dijelaskan, pada tahun sekarang, SMK Negeri 1 Sumedang akan menerima siswa baru atau menerima pendaftar itu dengan jumlah 9 program keahlian dengan konsentrasi keahlian itu ada 10. Pasalnya, sekarang dengan Kurikulum Merdeka itu ada perubahan struktur kurikulum.

“Sebenarnya, kalau dilihat dari konsentrasi tidak berbeda jauh dengan yang sekarang kita menerima 10 konsentrasi keahlian. Jadi, kalau jumlah kelasnya kita menerima 20 rombongan belajar (Rombel ), untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2022 – 2023 dilihat dari jumlah rombel SMK Negeri Sumedang itu relatif tetap,” jelasnya.

Karena, lanjut dia, untuk yang Tahun 2021-2022 pihaknya meluluskan 20 rombel. Sekarang untuk penerimaan tahun pelajaran 2022-2023, SMKN 1 Sumedang tetap menerima 20 rombel.

“Tidak ada penambahan dan tidak ada pengurangan, kita menyesuaikan analisisnya baik dari sarana prasarana, kemudian juga analisisnya dari guru pengajarnya juga. Kita tidak bisa menambahkan tanpa perhitungan Analisis,” katanya.

Diterangkan, untuk rencana kegiatan pelepasan kelas 12, dengan kondisi pandemi yang sekarang masih tetap, tapi oleh Pemerintah sudah diberi kelonggaran, pihaknya dari awal sudah menganalisis melalui ketua angkatannya.

“Sesuai hasil analisa yang kita lakukan, siswa yang ingin melaksanakan acara kegiatan pelepasan itu kurang lebih 40 % tidak mencapai 50%,” tegasnya.

Ditegaskan, analisis dari pihak sekolah juga dengan kondisi yang sangat mendadak. Kemudian, keuangan yang memang dari orang tua juga tidak memungkinkan untuk dipungut, dengan durasi waktu yang sangat pendek, pihaknya akan melaksanakan kegiatan pelepasan atau perpisahan, yang bersifat undangan terbatas.

Baca Juga:Low 100 KiloPensiunan ASN Ramai Masuk Parpol

“Ada perwakilan kelas yang kami undang, ada perwakilan jurusan yang diundang, yang diundangnya adalah siswa berprestasi yang peringkat,” katanya.

Nono mengatakan, sementara kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 1 Sumedang, untuk tahap pertama yang dilaksanakan mulai 6-10 Juni 2022, pada prosesnya ada jalur Afirmasi prioritas jarak, jalur perpindahan tugas (anak guru), jalur prestasi lomba kejuaraan dan jalur prestasi nilai raport unggulan atau kelas industri.

0 Komentar