Pensiunan ASN Ramai Masuk Parpol

Editor:

sumedang, KOTA – Tak sedikit pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjun dalam dunia politik. Di Sumedang sendiri diketahui ada beberapa pensiunan yang terjun di dunia politik.

 

Para pensiunan tersebut terjun di pemilihan Legislatif dan bahkan hingga pemilihan kepala daerah. Dengan terjunya pensiunan ASN dalam politik, pasti akan berpengaruh.

 

Pegiat Sosial Dadan A Setiawan mengatakan terjunnya pensiunan ASN tidak akan berpengaruh begitu besar. Karena, menurutnya ASN memiliki pola politik yang berbeda dengan politisi yang sudah lama terjun, khususnya incumbent.

 

“Berbeda polanya, jadi tidak akan terlalu mengganggu. ASN memiliki popularitas yang baik, tapi belum tentu juga tingkat elektabilitasnya tinggi di masyarakat,” ujar Dadan, Rabu (8/6).

 

Dikatakan, mantan ASN memiliki modal dasar yang unggul. Seperti pengalaman tentang pemerintahan, penganggaran dan financial yang mumpuni.

 

“Mereka pernah melaksanakan kebijakan di eksekutif, tapi pola pendekatan eksekutif dan legislatif itu berbeda. Karena, semuanya harus disiapkan sendiri. Mereka terbiasa menjalankan di birokrasi dengan anggaran yang sudah diberikan pemerintah, tapi sekarang harus dari kantong sendiri,” kata Dadan.

 

Terjunnya pensiunan ASN akan menjadi hal yang sangat menarik jika ternyata ASN dapat menghiasi kursi di legislatif. Dan, akan berdampak cukup besar dalam mekanisme penentuan anggaran.

 

“Secara pengetahuan mereka memiliki nilai tawar yang lebih dan eksekutif juga cukup terancam karena kontrolnya nanti akan lebih besar dalam penganggaran itu,” pungkas Dadan. (kga)

 

Baca juga: Tokoh Cendekiawan Muslim di Bidang Ilmu Tafsir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *