5 Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

5 Tips Agar Anak Tidur Nyenyak
istimewa/hellosehat.com
0 Komentar

Rutinitas sangat penting bagi bayi, balita dan anak-anak prasekolah. Melakukan hal-hal tertentu sebelum tidur, seperti waktu mandi atau cerita, memberi sinyal kepada anak atas apa yang akan terjadi selanjutnya. Mengetahui apa yang terjadi selanjutnya adalah mengatur suasana tidur yang sempurna. Tak lama, tubuh anak mungkin secara otomatis mulai mengantuk pada awal rutinitas mereka.

4. Matikan TV setidaknya dua jam sebelum tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya dari layar televisi, telepon, atau monitor komputer dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Melatonin adalah bagian penting dari siklus tidur-bangun. Ketika kadar melatonin berada pada titik tertinggi, kebanyakan orang mengantuk dan siap untuk tidur. Hanya setengah jam TV atau waktu layar lainnya sebelum tidur dapat mengganggu itu cukup untuk menjaga anak kamu dua jam ekstra. Jadikan kamar tidur zona bebas layar atau setidaknya pastikan semua layar benar-benar gelap sejak tidur.

5. Atur suhu ruangan

Siklus tidur anak kamu tidak hanya tergantung pada cahaya. Ini juga sensitif terhadap suhu. Kadar melatonin membantu mengatur penurunan suhu tubuh internal yang diperlukan untuk tidur, tetapi kamu dapat membantu mengatur suhu eksternal. Suhu kamar khas atau sedikit lebih dingin lebih baik untuk memposisikan tidur nyenyak. (PKL3/Salma)

Sumber: health.detik.com

0 Komentar