ياَ أَبَتِ أَقْذِفْنِي للوَجهِ كَيْلاَ تنظر إليَّ فَتَرْحَمْنِي، وأَنظرُ أَنا إلى الشَفرة فأَجْزَعْ، ولكن أَدْخِلْ الشَفرة من Ema، وامْضِ لأمر الله
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Keteguhan dan kepasrahan tersebut diabadikan dalam al-Qur’an. Sebagai kepasrahan tingkat tinggi dan prima.
Taat kepada perintah; meski di luar nalar fikiran manusia.
Karena yang memerintah adalah rabb sekaligus ilah-nya.
Saat tangan dikuatkan untuk mengayun pisau, bersamaan dengan dirasakannya leher anak yang akan dipotong; pisau yang tajam meluncur. Kuat, pasti, dan disegerakan; agar Ismail tidak menderita.
Tapi yang bersuara adalah kabsy, yakni sejenis kambing yang cukup besar dan mengucur pula darahnya.
Yang saat itu pula terdengar “Wahai Ibrahim, Engkau telah membenarkan (mengerjakan) perintah!; demikianlah Kami memberi ganjaran (mengganti Ismail dengan kambing) bagi orang yang berbuat kebaikan”
فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِينِ # وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَاإِبْرَاهِيمُ # قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ # إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْبَلَاءُ الْمُبِينُ # وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ
(Q.S. al-Shaffat 37:103-107)
Baca Juga:Pengasuh Ponpes Melecehkan 6 Santri di Banyuwangi , Modus Tes Keperawanan, Pelaku Eks Anggota DPRDTerungkap Faktor Penyebab Pria Bunuh Istri dan Anak yang Berumur 3 Tahun Di Kukar
Nabi Musa pun diperintah berkurban. Yang dijadikan kurban sembelihan adalah sapi; yang mana kala itu melambangkan sesembahan Bani Israil yang dibuat oleh Samiri. Bukan melaksanakan, mereka ‘ngeles’ (berpaling) secara akademis: ‘sapi yang bagaimana? Warnanya apa?’ bahkan setelah ditemukan sapi dengan kriteria tersebut; masih ngeles: ‘sapinya masih meragukan; jangan-jangan bukan sapi ini yang dimaksud! Jangan merasa sapi itu sapi yang paling benar!, yang benar hanya Tuhan!’. Mungkin begitu kira-kira perdebatannya.
Ada ketidakikhlasan. Bahkan hampir-hampir mereka tidak melaksanakannya. Pun dilaksanakan, penuh keberatan dan alasan beragam. Itu saja masih dengan mendongkol di belakang. Kepada nabi Musa. Yang dianggap menghina ritual persembahan sapi emas mereka. Dan hingga sekarang, bani Israil yang sering disebut Yahudi dan Nasrani; memang tidak pernah suka melihat keikhlasan seorang muslim yang berkurban:
وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا نَصِيرٍ
(Q.S. al-Baqarah 2:120)
Para jama’ah yang dirahmati Allah,..
Ibadah kurban memang menekankan latihan ketaqwaan. Mengikhlaskan sebagian harta demi kepentingan umat. Menyembelih egoisme dan ketamakan. Memotong kuasa setan dalam aliran darah manusia; yang secara simbolis dilambangkan dengan memotong hewan kurban. Yang terpenting, kesemuanya bernilai ibadah; sosial maupun individual. Utamanya, bahwa yang diterima Allah dari kurban adalah ketaqwaan; bukan darah atau dagingnya.
لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِي
Khutbah Kedua