Ajarkan Siswa Berbagi Sejak Dini, SMAN Cimanggung Kurban Satu Ekor Sapi

Ajarkan Siswa Berbagi Sejak Dini, SMAN Cimanggung Kurban Satu Ekor Sapi
Puluhan siswa SMAN Cimanggung saat packing daging kurban untuk dibagikan kepada warga sekitar (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Idul Adha menjadi momentum yang tepat untuk mengajarkan siswa berbagi melalui tradisi berkurban Seperti yang selalu dilakukan SMAN Cimanggung setiap tahunnya. Kali ini, Smanci kembali menggelar perayaan Idul Adha dengan menyembelih satu ekor sapi.

Kegiatan penyembelihan tersebut sebelumnya diawali dengan pelaksanaan bimbingan khusus oleh guru agama.

Seperti dikatakan Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN Cimanggung, Iip Hermawan SPd MM kepada Sumeks, Senin (11/7).

Baca Juga:Ratusan Warga Terima Daging KurbanSepi Orderan, Meubeler Bikin Peti Buah

Dikatakan, kegiatan potong sapi kurban ini merupakan acara yang setiap tahunnya dilaksanakan pihak sekolah maupun siswa.

“Dana terkumpul dari siswa dibelikan satu ekor sapi. Sedangkan dari para guru terkumpul dana untuk membeli  sapi dan kambing masing-masing

satu ekor. Jadi totalnya 2 ekor sapi dan satu kambing,” jelasnya.

Penyembelihan sapi dan kambing dilakukan di area lingkungan SMAN Cimanggung mulai pukul 08.00 dengan melibatkan warga sekitar, siswa serta para guru.

Tepat pukul 12.00 siang, pemotongan dan pengemasan daging selesai dan siap untuk didistribusikan kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah.

Sebelumya, panitia kurban telah membagikan kupon untuk masyarakat yang berhak menerima daging kurban tersebut dan pada pukul 13.00.

“Yang mendistribusikan juga para siswa itu sendiri. Jadi para siswa itu secara langsung berhubungan dengan masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, para siswa tersebut mengumpulkan uang secara sukarelawan untuk dibelikan hewan kurban. Uang yang terkumpul sekitar sebulan lamanya akhirnya dibelikan sapi untuk berkurban.

Baca Juga:Kemenkes Bakal Gelar Skrining Berlapis, Cegah Penularan Covid-19Idul Adha, Harga Kulit Menurun

“Ini sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk belajar kurban.  Uang yang terkumpul dibelikan satu satu sapi,” paparnya. (kos)

0 Komentar