Ribuan Peserta Didik PKBM Diwisuda di IPP

Ribuan Peserta Didik Diwisuda di IPP
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati H Erwan Setiawan berfoto bersama dengan para peserta didik PKBM se-Kabupaten Sumedang, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Untuk pertama kalinya di Kabupaten Sumedang, digelar acara gebyar pelepasan peserta didik yang telah melaksanakan program pembelajaran Non Formal Program Paket A, B dan C kesetaraan SD, SMP, SMA secara bersamaan di Pendopo Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Sabtu (16/7).

Kegiatan yang digelar Forum PKBM se-Kabupaten Sumedang tersebut  meluluskan sebanyak 3.748 peserta didik yang nantinya dapat berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sumedang melalui pendidikan.

Gebyar kelulusan dihadiri langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, unsur Dinas Pendidikan, Forum Komunikasi PKBM, Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN), para operator sekolah, dan para lulusan.

Baca Juga:Pengadilan Agama Sumedang Tingkatkan Layanan dengan DigitalisasiBurung Murai Batu Banyak Diminati

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin mengatakan, Pelepasan dan Kelulusan Paket A, B, dan C dilaksanakan dalam rangka meningkatkan rata-rata sekolah di Kabupaten Sumedang.

“Bahwa hari ini, akan dilepas sebanyak 82 orang lulusan Kejar Paket A kelompok belajar setara SD, Kejar Paket B sebanyak 847 orang dan terakhir kejar paket C atau setara SMA sebanyak 2.819 orang. Total keseluruhan sebanyak 3748 orang. Ini tentunya merupakan kerja nyata dari PKBM Kabupaten Sumedang yang telah berkontribusi untuk meningkatkan rata-rata sekolah di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Ditambahkan Agus, Badan Pusat Statistik menghitung rata-rata sekolah warga di Kabupaten Sumedang adalah mereka yang usia di atas 25 tahun sehingga yang paling cepat berkontribusi dalam peningkatan rata-rata sekolah adalah para lulusan paket A, B dan C.

“Oleh sebab itu, kami Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang mulai tahun anggaran 2023 akan membiayai kegiatan pelaksanaan Kejar Paket A, B dan C, ” jelasnya

Diharapkan Agus, kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan yang difasilitasi oleh Pemkab Sumedang sebagai program untuk meningkatkan IPM sehingga mampu menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Sumedang.

“Penyelenggaraan kegiatan ini menjadi berkesan bagi para lulusan, terutama sebagai eksistensi PKBM bersama Dinas Pendidikan dalam menuntaskan program belajar bagi para peserta kejar paket A, B dan C, ” pungkasnya. (red)

0 Komentar