Platform Merdeka Mengajar, Kembangkan Diri untuk Menginspirasi dan Mengajar Lebih Baik

Platform Merdeka Mengajar, Kembangkan Diri untuk Menginspirasi dan Mengajar Lebih Baik
Platform Merdeka Mengajar, Kembangkan Diri untuk Menginspirasi dan Mengajar Lebih Baik (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan media bagi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, bernama Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat juga sebagai media edukasi yang dikembangkan untuk para guru Indonesia dalam melaksanakan perannya.

Apa saja kelebihannya?

Arah perubahan kurikulum yang termuat dalam Merdeka Belajar Episode 15 yaitu Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, yang merupakan struktur Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel, fokus pada materi yang esensial. Selain itu juga memberikan keleluasan bagi guru untuk menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut, Platform Merdeka Mengajar akan menjadi teman guru dalam mengajar. Nadiem mengklaim, platform ini juga akan membantu guru berinovasi menciptakan pembelajaran sesuai tantangan zaman. Platfom ini adalah platform untuk guru yang akan berkembang menjadi suatu platform yang bukan hanya materi dan konten kementerian, tapi benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru.

Baca Juga:LTN NU Gelar Seminar Nasional Literasi DigitalPMI Klaim Stok Darah Aman

Selain itu, Merdeka Mengajar mendorong guru dalam berkarya dan berbagi metode pembelajaran. Harapannya, Merdeka Mengajar menjadi suatu referensi bagi guru mengembangkan praktik mengajar. Platform ini mempunyai tiga fungsi, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya.  Di dalamnya juga terdapat toolkit asesmen untuk mengukur capaian belajar siswa. Data itu dapat dimanfaatkan untuk menganalisa kompetensi murid-murid di setiap kelas.

Bagaimana cara mengakses?

Pendidik bisa mengakses platform tersebut melalui dua cara, yaitu melalui aplikasi ponsel android yang diunduh di Google Play atau melalui situs website di https://guru.kemdikbud.go.id/. Perlu ditegaskan, PMM sifatnya adalah gratis. Jadi, guru tidak perlu membayar tarif akses premium sama sekali untuk menggunakannya. Perlu diketahui, Platform Merdeka Mengajar hanya diperuntukkan bagi para guru, bukan siswa. Platform ini merupakan sarana digital yang disediakan Kemendikbudristek RI dengan mudah dapat diakses melalui akun Belajar.id, menggunakan perangkat android maupun website. Sedangkan, aplikasi bisa diunduh pada Playstore atau website guru.kemdikbud.go.id.

0 Komentar