SMK Informatika Sumedang Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

SMKN Infomatika Sumedang Siap Terapkan Kurikulum Merdeka
Wakasek Bagian Kesiswaan SMK Informatika Sumedang Tatang Suryana SAg MPd saat ditemui Sumeks, Rabu (27/7) (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – SMK Informatika Sumedang sudah siap menerapkan Kurikulum Merdeka, terutama sebagai pusat keunggulan.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMK Informatika Sumedang Dr E Sulyati MPd melalui Wakasek Bagian Kesiswaan Tatang Suryana SAg MPd kepada Sumeks, Rabu (27/7).

“Kurikulum Merdeka merupakan program SMK pusat keunggulan  sebagai perwujudan visi Presiden Joko Widodo untuk pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia,” kata Tatang.

Baca Juga:Entaskan Kemiskinan, Pasirnanjung Anggarkan 20 Persen DDPeredaran Cukup Tinggi, Pemkab Gelar Sosialiasi Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal

Dijelaskan, Kurikulum Merdeka menjadi salah satu program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang harus di Implementasikan pada tiap sekolah di Tahun Ajaran 2022 – 2023.

“Dalam mendukung program ini, untuk SMK Informatika Sumedang sendiri sudah siap untuk implementasi dalam penerapanya di sekolah,” katanya.

Tatang menjelaskan, kurikulum Merdeka adalah operasional sekolah. Dimana, setiap sekolah itu diberikan kewenangan diberikan fleksibilitas untuk melaksanakan dan pengembangan kurikulum sesuai dengan karakteristik sekolah.

“Karakteristik sekolah disini itu maksudnya dengan memperhatikan potensi sekolah dan potensi daerah,” katanya.

Tang mengatakan, untuk penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN Informatika Sumedang tahun 2022- 2023 akan diterapkan pada kelas 10 yang baru masuk. “Sementara untuk kelas 11 dan 12 itu, kita masih menggunakan Kurikulum tahun 2013,” Katanya.

Dikatakan, sistem pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, sekolah tidak hanya mengacu pada target kompetensi Dasar (KD). Tetapi yang menjadi target utama dalam penerapan kurikulum Merdeka itu adalah capaian kompetensi dan pentingnya tentang penerapan karakter atau program penerapan profil pelajar Pancasila.

“Dimana modul pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berbasis projek. Jadi tidak hanya pembelajaran teori di kelas, tetapi siswa dilibatkan bagaimana merancang projek tentang kegiatan.

Baca Juga:Penyaluran KUR BRI Tingkatkan Kesejahteraan MasyarakatSekda Sukabumi Ikuti Rakor Persiapan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

“Allhamdulillah dalam mempersiapkan Implementasi kurikulum Merdeka, SMK Informatika Sumedang telah melaksanakan atau mengikuti pelatihan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Program Kurikulum Merdeka. Alhamdulillah sudah 5 orang guru yang sudah mengikuti pelatihan yang akan menjadi fasilitator yang nantinya akan menjelaskan disekolah tentang implementasi penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah,” paparnya.

Disamping itu, kata dia, pada awal semester akhir telah dilaksanakan In House Training (IHT) tentang metode untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah kepada guru-guru di SMK Informatika Sumedang secara internal.

0 Komentar