Home Industri Perlu Rangsangan Pemerintah

Home Industri Perlu Rangsangan Pemerintah
Beberapa warga memproduksi gula aren untuk dijual dan menjadi penghasilan (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Home industri bisa membantu dongkrak perekonomian masyarakat. Untuk bertahan hidup, berbagai upaya oleh masyarakat dilakukan, termasuk mengasah kreatifitas untuk menciptakan produk yang punya nilai jual.

Seperti Warga Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja. Kreatiftas masyarakatnya dalam mengolah makanan cukup bisa diandalkan, apalagi memanfaatkan hasil bumi yang ada disekitarnya.

Sekretaris Desa Cipeuteuy, Ahdi menyebutkan, selain ada gula aren hasil produksi masyarakat, masih ada beberapa jenis makanan lagi yang dibasilkan mereka. Salah satunya, kripik pisang coklat, kolangkaling dan beberapa jenis makanan yang berbahan dasar hasil bumi, seperti olahan makanan dari singkong.

Baca Juga:Pinton Angon Batik Fashion Week PurwakartaPlt. Bupati Bogor Ikuti Rapat Paripurna Bahas Tiga Agenda

“Kreatifitas masyarakatnya cukup bagus, mereka bisa mengembangkan olahan makanan menjadi produk yang lebih punya nilai jual lagi,” kata Ahdi kepada Sumeks, Kamis (4/8).

Ahdi menyebutkan, untuk saat ini warga sudah mulai melek digital. Mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk sarana penunjang pemasarannya, seperti di jual online, itu untuk produk kripik dan makanan ringan lainnya. Sementara untuk kolang-kaling sampai saat ini masih ada pengepul yang datang untuk membelinya.

“Kalau keripik mereka jual dengan cara online. Tapi kalau kolang kaling ada pengepul yang datang,” kata dia.

Hal itu, bisa dikembangkan lagi oleh pemerintah desa, tinggal bagaimana pemerintah desa mencari celah untuk sebuah program yang bisa membantu mengembangkan usaha kreatif masyarakatnya.

“Saya rasa kondisi saat ini tinggal mendapat polesan sedikit dari pemerintah, agar menambah daya semangat masyarakat,” tuturnya. (eri)

0 Komentar