Puskesmas Tanjungsari Gratiskan Antigen Covid-19, Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 77

Puskesmas Tanjungsari Gratiskan Anti Gen Covid-19, Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 77
Salah satu warga sedang tes antigen covid-19 gratis di Puskesmas Tanjungsari (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI– Meningkatnya kasus Covid-19 beberapa bulan terakhir membuat pihak Dinas Kesehatan mengantisipasinya. Salah satu langkahnya seperti yang dilakukan Puskesmas Tanjungsari dengan menggratiskan program pemeriksaan antigen covid-19.

Dikonfirmasi Kepala Puskesmas Tanjungsari dr Cepy Tricahyadi melalui Pelaksana Laboratorium Puskesmas Tanjungsari Iwan Priatna AMD AK, program pelaksanaan anti gen covid-19 ini untuk menyambut HUT RI ke 77.

Sedangkan untuk alur pendaftaran bisa langsung kebagian pendaftaran. Setelah itu diarahkan ke bagian laboratorium dengan persyaratan membawa kartu identitas atau lainya dengan alur jam kerja mulai jam 8.00 hingga pukul 12.00.

Baca Juga:Awasi Pengembangan Daya Tarik Wisata, Komisi III Sebut Pengelolaan Kampung Buricak Burinong Perlu DibenahiAnalis Proyeksikan Pencapaian BRI Group  Semakin Mengkilap di Akhir Tahun 2022

“Ada beberapa syarat bagi peserta yang harus dipenuhi agar layanan ini bisa didapatkan sesuai aturan yang ada,” terangnya kepada awak media, Kamis (11/8).

Dijelaskan, rapid gratis itu berlaku sejak hari Senin (8/8) hingga persediaan stok rapid masih ada. Hasil pemeriksaannya juga cepat keluar sekitar 30 menit saja.

“Tes cepat rapid gratis bagi masyarakat tidak hanya di lingkungan sekitar Puskesmas Tanjungsari, tetapi masyarakat umum lainnya,” jelasnya.

Untuk mengkonfirmasi seseorang terinfeksi virus Covid-19, bisa dilakukan dengan test swab PCR. Untuk test biasanya mengeluarkan dana tidak sedikit.

“Masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan anti gen covid-19 gratis di fasilitas kesehatan Puskesmas Tanjungsari,” terang Iwan.

Disebutkan, masyarakat mengenal rapid test antigen dengan sebutan swab antigen. Tes ini merupakan salah salah satu metode untuk mengetahui apakah  terdapat covid-19 atau negatif melalui metode swab atau mengambil sampel dari sekresi tenggorokan dan hidung, itu bisa terlihat secara cepat apakah positif atau negatif.

“Warga yang merasa memiliki kontak dengan kasus positif bisa langsung mendatangi Puskesmas Tanjungsari untuk melakukan anti gen covid-19 gratis selama program masih berjalan,” paparnya. (kos)

0 Komentar