Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital

Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital
Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital (ist)
0 Komentar

 

Setiap wirausaha baru mandiri setidaknya memiliki tim yang terdiri dari hacker, hipster dan hustler (Ellwood, 2012)

Ketiga, karakter ini biasanya dikenal dengan istilah The Startup Triangle Team yang sangat dibutuhkan sebagai pondasi dalam membangun wirausaha baru mandiri tersebut.

Hacker adalah tim IT/Developer handal yang menciptakan website atau aplikasi. Mereka umumnya para teknisi komputer ahli pengembangan website atau aplikasi. Hipster yaitu tim desainer yang ahli menciptakan desain website atau aplikasi sehingga memiliki user experience (UX) yang baik sehingga mampu menarik minat pengguna. Mereka rata-rata memiliki kepekaan artistik yang tinggi sehingga mampu menciptakan desain dengan nilai keindahan yang tinggi pula. Hustler berperan sebagai otak bisnis yang mampu membangun jaringan dengan venture capitalist. Mereka disebut juga growth hacker yang mampu memasarkan produk sehingga diminati oleh pengguna (Azhari, 2019).

Baca Juga:YOUTH INNOVATION FESTIVAL 2022 Ridwan Kamil: Anak Muda Harus Mampu Adaptasi Era DigitalKomisi III DPR Mengusulkan Kapolri Jenderal Sigit Diberhentikan untuk Sementara Buntut Kasus Ferdy Sambo

Berdasarkan hal tersebut, maka untuk mengembangkan wirausaha baru mandiri mahasiswa khususnya di era digital sekarang ini diwujudkan pada pengabdian kepada masyarakat terhadap wirausaha baru mandiri mahasiswa di program studi PGSD UPI Kampus di Sumedang.

Kegiatan ini dilaksanakan secara partisipasi kolaboratif antara tim pengabdian dosen (Dadan Nugraha, M.Pd., Maulana, M.Pd. Dety Amelia Karlina, M.Pd. dan Riana Irawati, M.Pd. Asep Nuryadin ) dan tim wirausaha baru mandiri mahasiswa (Salsabila Baliani Putri Sopian, Desti Indar Yanti, Diana Puspita Dewi, Julaeha Kurniasih, Siska Meilani Lestari, Juni Artha Juneli, Zahra Muthia, Tiara Erlina, Wina Puspita, Anisa Fiola Karimah) dengan linimasa dari Bulan April sampai dengan Bulan Oktober 2022.

0 Komentar