Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital

Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital
Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era Digital (ist)
0 Komentar

SUMEDANG – Program-program pembinaan kewirausahaan mahasiswa harus terus dikembangkan baik model maupun kebijakannya. Sehingga, diharapkan akan lahir wirausahawan-wirausahawan baru di kalangan mahasiswa UPI.

Program kewirausahaan ini telah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), ataupun oleh UPI itu sendiri melalui Program  Mahasiswa Wirausaha (PMW). Sejalan dengan kedua program itu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus Sumedang juga menetapkan profil lulusannya yaitu sebagai guru SD, peneliti pendidikan bidang kesekolahdasaran, dan wirausahawan/wirausahawati bidang pendidikan kesekolahdasaran yang didukung pula dalam struktur kurikulumnya dengan adanya mata kuliah kewirausahaan.

Dalam rangka mewujudkan program pembinaan kewirausahaan mahasiswa tersebut dilaksanakan melalui model pembinaan kewirausahaan mahasiswa khususnya di PGSD UPI Kampus di Sumedang. Ada tiga program utama dalam model pembinaan kewirausahaan mahasiswa ini (Nugraha, et al 2021). Yaitu a). Entrepreneurship Corner: inkubator program kewirausahaan mahasiswa; b). Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA); c) Wirausaha Mahasiswa Pascasarjana (WARNA), lebih jelasnya di paparsajikan sebagai berikut.

Gambar 1. Model Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa

Baca Juga:YOUTH INNOVATION FESTIVAL 2022 Ridwan Kamil: Anak Muda Harus Mampu Adaptasi Era DigitalKomisi III DPR Mengusulkan Kapolri Jenderal Sigit Diberhentikan untuk Sementara Buntut Kasus Ferdy Sambo

Entrepreneurship corner didefinisikan sebagai inkubatornya program kewirausahaan mahasiswa mulai dari penyusunan proposal kewirausahaan, upload proposal dan sampai lolos didanai.

Target dari proposal kewirausahaan tersebut yaitu Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) dari Kemdikbudristek, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan program kewirausahaan lainnya.

WIBAWA didefinisikan sebagai pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa hasil dari kegiatan entrepreneurship corner, sedangkan WARNA didefiniskan sebagai Wirausaha Mahasiswa Pascasarjana, kegiatan kewirausahaan setelah mereka lulus kuliah S1 dari UPI Kampus di Sumedang.

Entrepreneurship Corner menghasilkan dua tim wirausaha baru mandiri mahasiswa yaitu Alphabets Book’s Challenges : E-Book Edukasi Anak dan Aiboo : Airplan Book Sebagai Solusi Mahasiswa Dalam Manajemen Aktivitas Semester.

Kedua, wirausaha baru mandiri tersebut juga menjadi start-up bagi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan yang masih memerlukan pengembangan. Pengembangan yang diperlukan oleh kedua wirausaha baru mandiri mahasiswa tersebut terutama dalam merespon dan mengadaptasi revolusi industri 4.0 yang penuh dengan hidup dan kehidupan serba digital (Kasali, 2017) termasuk dalam market digital.

0 Komentar