Jalan Menuju Pusat Kota, Kurang Nyaman

Jalan Menuju Pusat Kota, Kurang Nyaman
Warga melintas di jalan Rd Umar Wirahadikusumah betulan Dusun Cikiray akses jalan menuju pusat kota kecamatan Darmaraja (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Akses jalan menuju pusat kota dan kantor Kecamatan Darmaraja sudah kurang nyaman digunakan.

Sudah cukup lama kondisi akses jalan menuju pusat pemerintahan atau pusat kota Kecamatan Darmaraja banyak yang berlubang, seperti kurang terawat.

Hal itu tentu saja mengurangi kenyamanan untuk aktivitas masyarakat. Sedangkan, pusat kota dijadikan tempat aktivitas rutin oleh masyarakat.

Baca Juga:Harga Telur Pasar Tanjungsari Tembus Rp 30 Ribu/KgLima PR untuk Benahi Cimanggung

“Akses jalan itu sangat penting, karena itu jalan alternatif menuju kantor kecamatan. Seharusnya, akses jalannya mulus tidak seperti sekarang banyak lubang,” kata salah satu warga sekitar yang melintas di jalan tersebut Cece.

Sementara itu, warga lainnya, Koceng menuturkan bukan hanya kepentingan pemerintahan saja, akses jalan tersebut juga digunakan untuk sarana penunjang perekonomian. Karena, setiap pagi warga berbondong-bondong pergi ke pasar.

“Bukan hanya kantor kecamatan, tapi juga disitu ada pasar. Jadi jalan tersebut merupakan akses vital yang seharusnya diurus pihak terkait,” katanya.

Dia menilai, kondisi jalan penunjang perekonomian yang buruk, bisa berdampak kepada kerugian pelaku usaha.

Dia mencontohkan, pada saat pulang dari pasar untuk belanja persediaan stok di warung, misalkan belanja telur, kalau yang dilaluinya itu jalan berlubang, bisa saja telurnya jatuh dan pecah akibat kendaraan yang digunakan terjebak lubang tersebut.

“Dengan jalan yang rusak, bisa saja menimbulkan berbagai kerugian. Bisa saja penjual keliling yang menggunakan grobak, tiba-tiba kerobaknya terjebak lubang yang ada di badan jalan, sehingga gerobaknya jatuh,”ucapnya.

Pada intinya warga berharap meski akses jalan tersebut bukan lagi satu-satunya akses penghubung antar Kecamatan Darmaraja-Wado, (setelah adanya jalan lingkar barat), tapi akses jalan menuju pusat kota Kecamatan Darmaraja itu tetap harus diperhatikan.

Baca Juga:Adat Ngalaksa Tetap Lestari Hingga SekarangTingkatkan Perlindungan PMI, Airlangga: Pemerintah Optimalkan Program Government to Government

“Akses jalan itu tetap harus diperhatikan, karena akses vital yang punya peran sangat penting bagi warga Darmaraja,” tuturnya. (eri)

0 Komentar