UPI Sumedang Gelar Pelatihan dan Workshop Pendampingan Pembuatan Desain Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar

UPI Sumedang Gelar Pelatihan dan Workshop Pendampingan Pembuatan Desain Sistem Informasi Akademik SD
Ketua Tim PKM Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang, Dr Enjang Yusup Ali SSi M Kom (kiri) Direktur UPI Kampus Sumedang Prof Dr H Yudha M Saputra MEd (tengah) dan Kepala Sekolah SD Sukamaju Sumedang Hijrah Fitriyani SPd MPd saat melakukan kegiatan PKM, Senin (29/8) (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dosen PGSD UPI Kampus Sumedang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan kegiatan workshop pembuatan desain sistem informasi akademik sekolah dasar, Seni (29/8).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Ketua Tim Dr Enjang Yusup Ali SSi MKom dengan anggota Dr Isrok Atun MPd dan Dr Cucun Sunaengsih MPd.

Panitia kegiatan berkolaborasi dengan pihak sekolah dan mahasiswa UPI Kampus Sumedang di SDN Sukamaju Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Guru SD Membuat Bahan Ajar Lagu Sunda, Melalui Pelatihan Notasi Karawitan SundaBocah Linglung Ditemukan di Cimanggung

Kegiatan ini dibuka Direktur UPI kampus Sumedang Prof Dr H Yudha M Saputra MEd.

Prof Yudha memberikan sambutan untuk acara PKM ini yang dihadiri Kepala Sekolah SDN Sukamaju Kabupaten Sumedang Hijrah Fitriyani SPd M.Pd dengan semua para peserta workshop para guru Sekolah Dasar (SD).

Prof Yudha menyampaikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi saat ini sudah menyentuh bidang pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Sehingga, pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien serta mampu menarik perhatian peserta didik dalam belajar.

“Oleh karena itu, dibutuhkan sarana prasarana yang mendukung dan perlunya inovasi dari pendidik untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Namun, masih terdapat sekolah yang kurang mendukung sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi serta masih adanya pendidik yang kurang mampu dalam mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran,” kata Pro Yudha.

Dikatakan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan di sekolah dasar. Makna dari teknologi pembelajaran merupakan aplikasi atau media yang telah dirancang secara modern dan dimanfaatkan sebagai teori dan praktik dalam pembelajaran, sebagai sumber belajar.

“Saat ini teknologi yang sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan adalah teknologi Informasi. Adanya informasi yang digunakan untuk media pembelajaran dapat berdampak positif bagi para siswa, yaitu mereka bisa lebih mudah dalam mencari informasi yang diperlukan selama proses pembelajaran,” jelasnya.

Dijelaskan, media yang bisa digunakan adalah dengan menyediakan komputer dan Internet di tiap-tiap sekolah. Manfaat dari pengunaan teknologi adalah sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak. Sehingga, para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan,” terangnya.

0 Komentar