Persoalan Sampah Parakanmuncang Tunggu Realisasi

Persoalan Sampah Parakanmuncang Tunggu Realisasi
Tumpukan sampah menggunung di depan pasar Parakanmuncang cukup mengganggu aktifitas warga (Dok Sumeks)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Pemerintah Kecamatan Cimanggung memastikan persoalan sampah Parakanmuncang bisa segera terselesaikan dalam waktu dekat ini. Rencana penyelesainnya, yakni dengan cara memindahkan tempat sampah yang tadinya berada di depan pasar dipindah ke belakang pasar.

“Benar rencananya seperti itu ada pergeseran tempat sampah. Tadinya di depan pasar pindah ke belakang pasar,” terang Sekretaris Kecamatan Cimanggung Ahmad Abidin, Senin (5/9)

Menurutnya, soal tempat sampah saat ini ditangani oleh Kabupaten Sumedang. Pihak Kecamatan Cimanggung dan UPTD Pasar Tanjungsari yang membawahi pasar Parakanmuncang tinggal menunggu realisasinya saja.

Baca Juga:Kenalkan Kaum Milenial Kepada Budaya TradisionalSukagalih Fokus Program Ketahanan Pangan

Sedangkan, untuk pelaksanaan relokasi tempat sampah pasar Parakanmuncang dikembalikan kepada leading sektor masing-masing. Artinya, untuk persampahan ditangani Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Sumedang. Sedangkan bangunan Los dan kantor pasar Pasar Parakanmuncang ditangani oleh Diskoperindag.

“Untuk perpindahan tempat sampah di depan pasar ke belakang itu adalah perpindahan dalam jangka pendek,” terangnya.

Sedangkan untuk tempat sampah dalam jangka panjang akan dibuatkan di dalam lahan milik PT Sunsilon.

“Rencana perpindahan tempat sampah itu sebelumnya pihak PT Sunsilon sudah ada pertemuan dengan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir,” terangnya.

Jadi, kata Ahmad, tinggal menunggu realisasinya saja dari Kabupaten Sumedang.

Sebelumnya, banyaknya keluhan dan sorotan mengenai tumpukan sampah di Pasar Parakanmuncang direspons langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LHK) Kabupaten Sumedang, Yosep Suhayat.

Yosep mengaku, dirinya sudah cukup banyak menerima laporan mengenai sampah yang menggunung dan timbulkan aroma busuk di Pasar Parakanmuncang.

“Untuk soal tempat sampah pasar Parakanmuncang dipastikan akan segera pindah,” tandas Yosep. (kos)

0 Komentar