Camat Darmaraja Minta Desa Punya Data Lengkap

Camat Darmaraja Minta Desa Punya Data Lengkap
Camat Darmaraja Widodo Heru Prasetyawan SP MM tengah memberikan pembinaan kepada perangkat Desa Cipeuteuy, belum lama ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Camat Darmaraja Widodo Heru Prasetyawan SP MM meminta desa memiliki data lengkap berbagai sektor. Bukan hanya data jumlah kependudukan, pemerintah desa juga harus mengantongi data yang jadi penunjang kehidupan dan berkorelasi dengan sosial.

Mulai dari sektor pertanian, peternakan sampai jumlah pelaku UMKM yang ada di desanya. Masing-masing itu harus dipahami pihak desa.

“Di desa itu kan ada perangkat yang bertugas sesuai fungsinya. Seharusnya setiap perangkat desa harus memahami setiap kondisi yang berhubungan dengan bidangnya,” kata Camat Darmaraja kepada Sumeks, Selasa (6/9).

Baca Juga:Sumedang Jalin Kolaborasi dengan Microsoft, Wujudkan Digitalisasi Pendidikan dan PemerintahanTalas Beneng Terancam Hama Landak

Widodo menegaskan, jangan sampai pemerintah desa tidak mengetahui jumlah luas lahan pertanian yang produktif dan yang kurang produktif dan jumlah ternak yang ada di desanya. Itu juga harus detaii.

Hal yang sama juga dengan jumlah warung dengan tingkatan. Misalkan warung yang masuk kategori warung kecil ada berapa, warung yang masuknya katagori toko ada berapa.

“Desa harus tahu, jumlah ternak sapi ada berapa, domba ada berapa dan unggas ada berapa. Termasuk jumlah warung kecil dan tokok juga harus ada,” katanya.

Artinya, pemerintah desa harus benar-benar memahami kondisi wilayahnya. Data lengkap akan memudahkan pemerintah desa mensuport masyarakatnya sesuai kemampuannya.

“Data juga harus terus update, untuk menghindari adanya salah sasaran pemberian bantuan,” katanya.

Widodo mengatakan, keberhasilan pemerintah desa dalam melayani masyarakatnya, itu sangat bergantung terhadap sinergitas prangkat dan lembaga. Mulai dari tingkat RT sampai kepala desanya itu harus harmonis. (eri)

0 Komentar