Disduk Sumedang Jaga Keamanan Data Kependudukan

Disduk Sumedang Jaga Keamanan Data Kependudukan
Plt Kadis Dinas Kependudukan Budi Rahman saat ditemui di tempat kerjanya, kemarin (MOCHAMAD WILDAN YUNADI/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dinas Kependudukan (Disduk) Kabupaten Sumedang akan berusaha semaksimal menjaga keamanan data kependudukan di Sumedang.

Hal ini dikatakan Plt Kadis Disduk Budi Rahman kepada Sumeks, Rabu (14/9).

“Kami pasti akan melakukan semaksimal mungkin dalam menjaga keamanan data kependudukan,” ujar Budi.

Baca Juga:Perdagangan Hewan Besar Kembali DibukaMusim Hujan Datang Lebih Awal, Produksi Buah Mangga Menurun

Dikatakan, keamanan data ini sudah dijaga semaksimal mungkin agar data kependudukan tidak dipergunakan para oknum-oknum dengan sengaja untuk berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.

“Hacker mah ada saja, tapi yang namanya teknologi pasti ada saja kurang dan lebihnya,” katanya.

Budi menuturkan, untuk pengamanan seperti ini diperlukan jika seorang penduduk atau oknum yang menggunakan data penduduk, misalnya KTP, dengan melakukan hal yang tidak baik.

“Jadi di keamanan ini juga bisa terlihat semisalnya seseorang ingin menggunakan KTP lain dengan meminjam ke Bank atau pun Hotel yang sudah bekerja sama dengan kami. Jadi pas dilihat NIK-nya pun akan muncul data kebenaran dari data penduduk tersebut,” terangnya.

Selain itu, dia berharap agar para penduduk jika sudah membuat KTP terbaru dimohon untuk memberikan atau membakar KTP sebelumnya.

“Hal itu untuk antisipasi bila seseorang yang ingin menggunakan KTP yang lama tidak akan bisa di akses. Semisalnya pengajuan kredit kalau menggunakan KTP lama itu tidak akan berlaku,” pungkasnya. (wly)

0 Komentar