Bawaslu Sumedang Berharap Adanya Keterlibatan Anak Muda pada Pengawasan Pemilu 2024

Editor:

sumedangekspres – Antusiasme pendaftaran panwascam hari kedua semakin besar, Kamis 22 September 2022.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sumedang sekaligus Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Sumedang, Minatillah, S.Pd menyebutkan perhari ini antusiasme masyarakat dalam proses pendaftaran Panwascam semakin besar.

“Hari ini nampaknya lebh antusias dari hari kemarin. Kalau kemarin jam 12 itu baru ada 20-an pendaftar dan hari ini jam 12 itu sudah ada sekitar 40-an pendaftar,” ujar perempuan yang akrab disapa Mina itu.

Menurut Mina, Pemilu 2024 akan memilik banyak sekali pemilih muda. Mina berharap kaum-kaum muda juga terlibat dalam pengawasan pemilu, dalam hal ini mendaftar menjadi anggota Panwas Kecamatan.

“Harapannya banyak juga anak muda yang mendaftar. Karena melihat usia yang muda kemungkinan mereka memiliki semangat yang lebih tinggi. Apalagi di perhelatan Pemilu 2024  itu pasti memerlukan fisik yang kuat juga,” tambahnya.

Anggota Panwascam yang berumur muda menurutnya tidak perlu khawatir akan kapasitasnya karena ketika sudah terpilih mereka akan mendapatkan Bimtek ataupun Pelatihan untuk memenuhi kapasitas dan kapabilitasnya.

“Dengan fasilitas itu mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang pengawasan yang lebih luas lagi. Karena waktunya juga masih relative lama sekitar 1 tahunan dan itu cukup untuk melengkapi kapasitas mereka nantinya,” ucapnya.

Mina juga berharap dalam perekrutan Panwascam ini Bawaslu Sumedang bisa merekrut anggota yang memiliki integritas, kapabilitas dan mentalitas yang bagus.

“Sehingga nanti dalam mengawasi perhelatan demokrasi ini bisa berjalan lancar dan baik sesuai dengan tujuan dari UU itu sendiri yaitu Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia itu bisa tercapai,” tutupnya. (yga)

Baca juga: Bawaslu Sumedang Ajak Kawal Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.