Puskesmas Cimanggung Dipastikan Pindah Lokasi

Puskesmas Cimanggung Dipastikan Pindah Lokasi
Puskesmas Cimanggung rencananya dalam waktu dekat ini segera pindah lokasi ke wilayah Desa Sindanggalih (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Masyarakat di wilayah Kecamatan Cimanggung berharap di wilayahnya segera ada Puskesmas dengan tempat perawatan (DTP) atau rumah sakit yang bisa dijadikan tempat rawat inap. Sebab, hingga saat ini masyarakat bila membutuhkan pengobatan lebih memilih ke wilayah Bandung, bukan Sumedang.

Seperti dikatakan Kepala Desa Cihanjuang Yuyus Yusuf, baru-baru ini.

Dia bercita-cita di wilayahnya memiliki Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP).

“Puskesmas yang memiliki fasilitas lebih lengkap layaknya rumah sakit. Bukan puskesmas biasa, tapi puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap,” kata Yuyus.

Menurut Yuyus, pembenahan dan peningkatan fasilitas kesehatan di Kecamatan Cimanggung diharapkan menjadi agenda prioritas Pemda Sumedang. Sebab, persoalan kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara. Kualitas fasilitas kesehatan maupun sebaran lokasinya belum merata.

Baca Juga:Warga Minta Ganti Rugi Perbaikan Jalan, Halangi Jalan Provinsi di SakurjayaPerlu Sinergitas Tangani Masalah Sampah di Jatigede

“Hanya ada beberapa Puskesmas saja yang memiliki fasilitas rawat inap, itupun di Kecamatan Cimanggung belum ada. Akibatnya banyak warga yang memilih berobat ke luar Sumedang dan memilih wilayah terdekat yakni Bandung,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung drg Iting Mursyidah Hanum mengaku Puskesmas Cimanggung yang berlokasi di Desa Sindangpakuon saat ini berencana pindah lokasi di sekitar Bangkir Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung.

Saat ditanya Sumeks apakah kepindahan itu ada hubungannya dengan rencana di bangunnya Puskesmas DTP, Kapus Cimanggung itu pun tidak menjelaskan secararinci soal kepindahan itu.

“Tahun 2023 ini dipastikan lokasi Puskesmas Cimanggung ini pindah yang lokasinya di Dusun Bagkir Desa Sindanggalih,” terangnya.

Hanya, saja kata Iting, kepindahan itu apakah ada hubungannya dengan DTP atau tidak. “Purubahan Puskesmas DTP ada mekanismenya. Jadi saat ini rencana pindah tempat Puskesmas yang ada sekarang sudah pasti taun depan apakah ada hubunganya dengan DTP atau tidak kita lihat kedepannya,” tegasnya. (kos)

0 Komentar