Desa Gudang Andalkan Ternak Domba

Desa Gudang Andalkan Ternak Domba
Kepala Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Mohamad Bangkit SP saat ditemui Sumeks, kemarin (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI – Kepala Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Mochamad Bangkit SPd mengatakan untuk mengikuti aturan dan regulasi Perpres 104 tahun 2022 tentang pemanfaatan Dana Desa sebesar 20% untuk ketahanan pangan yang berupa Hewani dan Nabati akan dikelola oleh Kelompok Tani Desa Gudang.

“Alhamdulilah kita sudah membentuk sembilan kelompok dengan pembelian domba untuk anggaran ketahanan pangan. Ini dialokasikan untuk 54 ekor domba,” katanya kepada Sumeks, Senin (3/10).

Dikatakan, terkait bagi hasilnya sesuai dengan hasil musyawarah dalam kegiatan tersebut juga semua dilibatkan masing-masing dari calon penerima.

Baca Juga:Sukagalih Salurkan BLT BBM BersihSMPN 3 Sumedang Dukung PTSS

“Untuk cara bagi hasilnya pun alhamdulillah kita sudah musyawarahkan dan berjalan dengan lancar,” terangnya.

Dia menuturkan, dengan adanya program ketahanan pangan bisa menunjang para petani yang ada di desanya dengan beternak domba.

“Harapan saya kedepan program ini bisa berkelanjutan karena ini sangat menunjang warga yang ada di Desa Gudang. Jadi program ini sangat membantu sekali,” tuturnya.

Desa Gudang bekerjasama dengan Ketua RW selaku pengawas wilayah dan pendistribusian bantuan ketahanan pangan berupa hewan ternak (kambing).

Ketahanan pangan ini kerjasama dengan mahasiswa Unpad. Selain menjual pihak Unpad juga ikut mengawasi domba yang dipelihara para peternak yang mendapat program ketahanan pangan tersebut dari desa.

“Rencananya Insya Allah ini realisasi penyaluran bantuan kambing program dari ketahanan pangan segera diserahkan kepada penerima,” tutupnya. (kos)

0 Komentar