Penderita HIV Banyak Berhenti Berobat, 14 Puskesmas Bakal Jemput Bola

Penderita HIV Banyak Berhenti Berobat, 14 Puskesmas Bakal Jemput Bola
Puskesmas Haurgombong merupakan salah satu Puskesmas yang dapat membantu Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) mendapatkan obat (NET ILLUSTRASI)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Sebanyak 14 Puskesmas di Kabupaten Sumedang dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan guna membantu Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) mendapatkan obat.

Ke 14 puskesmas tersebut adalah Puskesmas Jatinangor, Tomo, Darmaraja, Jatinunggal, Paseh, Buahdua, Sukamantri, Cimalaka Ganeas, Tanjungsari, Situ, Kotakaler, Rancakalong, dan Haurgombong.

Kabid P2P Dinkes Sumedang Reny K Anton mengatakan untuk kegiatan ini pihak Dinkes Sumedang mendapatkan program dukungan pelayanan dan pengobatan dari Kemenkes.

Baca Juga:HUT TNI, Kodim Sumedang Ziarah ke CimayorRating CSA Melesat Signifikan di 2022, Penerapan ESG BRI Terus Meningkat

Reny berharap dalam satu bulan kedepan program ini bisa jalan. “Paling lambat awal tahun 2023,” jelas Reny kepada awak media, Selasa (4/10).

Reny menuturkan, dengan adanya pelayanan obat bagi ODHA hampir di semua wilayah di Sumedang diharapkan tidak ada lagi ODHA yang putus mengkonsumsi obat.

Diakui, selama ini untuk mendapatkan obat ODHA harus mendapatkannya di klinik teratai RSUD Sumedang. Tidak sedikit ODHA, karena jarak yang jauh dan juga terbentur masalah biaya untuk transfortasi banyak ODHA yang berhenti mengkonsumsi obat.

“Jadi dengan mendekatkan pelayanan pada ODHA, diharapkan kedepan ODHA dapat  mengkonsumsi obat secara teratur dan tidak ada lagi yang putus ditengah jalan,” harapnya. (nur)

0 Komentar