Tarunajaya Ajak Warga Jaga Keamanan

Tarunajaya Ajak Warga Jaga Keamanan
Pemdes Tarunajaya saat melakukan rapat dengan warga untuk mengajak menjaga keamanan lingkungan (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja intruksikan kepada semua warga untuk bergotong royong menjaga kondusifitas lingkungan.

Melalui ketua RT/RW, Kepala Desa Tarunajaya Endas Jauharudin mengajak warganya untuk tetap siaga menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Menurutnya, keamanan dan kenyamanan lingkungan harus diciptakan mulai dari diri sendiri. Rasa tanggung jawab untuk keamanan lingkungan akan tumbuh di masyarakat dengan sendirinya pada saat warga sudah peduli dengan kondisi lingkungannya sendiri.

Baca Juga:Nilai Putusan Hakim Keliru, Ahli Hukum Sarankan Antam Lakukan PK Hadapi Konglomerat Budi SaidAda Penambahan Paket dengan Harga Sama

“Saya menilai, kepedulian warga kepada kemanan lingkungan lebih efektif untuk menjadikan suasana lingkungan lebih nyaman,” kata Endas kepada Sumeks, Kamis (6/10).

Dikatakan, menggalakan aktivitas poskamling merupakan salah satu bentuk adanya kepedulian terhadap lingkungan. Dengan adanya aktifitas poskamling, setidaknya akan mengurangi sorotan dari pihak-pihak yang punya niat jahat.

“Tindakan kriminalitas itu bisa terjadi pada saat adanya peluang, tapi kalau aktifitas di setiap lingkungan selalu aktif. Minimalnya tidak memberikan kesempatan kepada pihak yang punya niat jahat,” kata dia.

Selain itu, keberadaan siaga lingkungan juga bisa membantu warga yang membutuhkan bantuan pada saat malam hari. Misalkan ada warga yang sakit atau yang mau melahirkan.

“Mudah-mudahan program ini bisa berlangsung dengan baik dan menumbuhkan kesadaran warga untuk peduli lingkungan,” katanya.

Oeh sebab itu, kata dia, pemerintah desa rutin melakukan sosialisasi melalui kegiatan pengajian keliling. Hal itu dilakukan untuk memahami kalakter warga di satu lingkungan, dengan kegiatan non formal. Biasanya kedekatan pemerintah desa dengan masyarakatnya akan lebih terjalin.

“Kita ada program pengajian keliling dari masjid ke masjid. Itu juga upaya untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dan pemerintah desa. Jadi tidak ada kecanggungan antar kami,” katanya. (eri)

0 Komentar