Waduh! Tol Cisumdawu di Mulyasari Masih Longsor

Waduh! Tol Cisumdawu di Mulyasari Masih Longsor
Kondisi Tol Cisumdawu pada pekan kedua Oktober 2022 dan informasi terkini, dikabarkan sampai seksi 3 ditargetkan bakal segera difungsionalkan (NET ILLUSTRASI)
0 Komentar

 

Tol Cisumdawu terdiri dari seksi I (Cileunyi–Tanjungsari sepanjang 12.0 km), Seksi II (Tanjungsari–Sumedang sepanjang 17.51 km), seksi III (Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,73 km).

Kemudian seksi IV (Cimalaka-Legok sepanjang 6,96 km), seksi V (Legok-Ujungjaya 16,35 km) dan seksi VI (Ujungjaya-Kertajati 4.0 km).

Di sisi Ujungjaya bahkan pekerjaan terlihat sudah signifikan, karena gerbang tol sudah selesai dikerjakan termasuk main road.

Baca Juga:Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Bank BRISering Terjadi Badai di Waduk Jatigede, Bagaimana Kondisi para Nelayan?

Dari pantauan lapangan, Tol Cisumdawu yang direncanakan dibuka pada akhir Oktober 2022, progres terkini terlihat cukup signifikan dan di akses masuk menuju tol sudah terpasang lampu merah.

Tidak hanya lampu merah, juga terpasang lampu penerangan jalan tol di dekat area Seksi 2 dan 3. Meski belum ada aktivitas berarti di lokasi tersebut.

Namun, di area Lemah Nendet Desa Sirnamulya, terlihat sudah hampir selesai berdasarkan pantauan wartawan di lapangan.

Asisten Pengawas Satuan Kerja Tol Cisumdawu Fachrie mengatakan, bahwa saat ini pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 2 hanya tinggal area Mulyasari yang sebelumnya terjadi longsor.

Sedangkan, pada posisi Seksi 3 sendiri saat ini sedang dalam pengerjaan mainroad. Di area Mulyasari progres pekerjaan sudah sampai 90 persen.

Di posisi Gerbang Tol Pamulihan hingga Sumedang Kota sudah sampai 93,18 persen. Bahkan Sumedang Cimalaka sudah 100 persen.

“Seksi 2 dan 3 sendiri rencananya akan difungsikan pada akhir bulan Oktober mendatang. Dibukanya Seksi 2 dan 3 akan digratiskan sementara,” katanya.

Baca Juga:Buah Kopi Takengon Aceh sampai ke Amerika Serikat, Ini Buah Pemberdayaan UMKM BRIRidwan Kamil Beri Penghargaan Camat Terbaik di Jawa Barat Belajar di Singapura

Kendati demikian Fachrie belum bisa memprediksi terkait tarif setelah uji coba selesai dilaksanakan.

Yang jelas, uji coba fungsional sampai Seksi 3 Tol Cisumdawu ditargetkan dilaksanakan pada akhir Oktober 2022, dan tarif nantinya ditentukan BPJT bersama dengan Kementerian PUPR. (red)

0 Komentar