Waduh! Tol Cisumdawu di Mulyasari Masih Longsor

Waduh! Tol Cisumdawu di Mulyasari Masih Longsor
Kondisi Tol Cisumdawu pada pekan kedua Oktober 2022 dan informasi terkini, dikabarkan sampai seksi 3 ditargetkan bakal segera difungsionalkan (NET ILLUSTRASI)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Penampakan terkini Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu), pada pekan kedua Bulan Oktober 2022 di area Mulyasari atau Seksi 2 yang sempat mengalami longsor.

Dari gambar-gambar drone terkait dengan kondisi Tol Cisumdawu pada Minggu, 9 Oktober 2022, terlihat posisi di area Mulyasari, Kabupaten Sumedang, masih terlihat ada pekerjaan di main road.

Selain itu, penampakan terkini di area Mulyasari, juga sedang dilakukan pekerjaan untuk fondasi dan penguatan tebing yang ada di sisi kanan dan kiri main road Tol Cisumdawu yang kabarnya bakal dioperasikan sampai Seksi 3 di akhir Oktober 2022.

Baca Juga:Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Bank BRISering Terjadi Badai di Waduk Jatigede, Bagaimana Kondisi para Nelayan?

Melihat progres pekerjaan lewat video yang ditampilkan, memang sepertinya bakal meragukan sampai seksi 3 Tol Cisumdawu untuk bisa dioperasikan meski baru sebatas fungsional pada akhir Oktober 2022.

Di area Mulyasari Seksi 2 Phase 2 Mulyasari, Kabupaten Sumedang, terlihat kondisi alam yang cukup menantang. Di bagian kanan arah Cirebon terdapat tebing tinggi yang kini sedang dilakukan penguatan struktur untuk mencegah longsor.

Sementara di bagian sisi kiri setelah tikungan, terdapat pekerjaan tebing jalan yang sedang diperkuat strukturnya. Untuk bagian main road terlihat memang sudah hampir selesai, meski masih ada pekerjaan pengaspalan menggunakan tandem roller.

Untuk bagian di pinggiran main road masih dibuat fondasi untuk menahan struktur tanah dan senderan. Pada area Mulyasari juga sepertinya terlihat ada pemindahan main road tepatnya di phase 2 setelah tikungan.

Diduga pemindahan tersebut dikarenakan terjadinya longsoran beberapa waktu lalu. Di area pinggiran tersebut juga dilakukan penguatan untuk pencegahan kejadian longsor.

Mengingat di area Mulyasari terdapat tebing di kiri yang labil. Juga dibuatkan trase baru, karena pada bagian yang lama selalu mengalami longsoran.

Sebagai informasi, proyek Tol Cisumdawu dikejarkan dan dibagi ke dalam 6 seksi, dengan pelaksana yang berbeda-beda dan ditargetkan dapat segera rampung.

Baca Juga:Buah Kopi Takengon Aceh sampai ke Amerika Serikat, Ini Buah Pemberdayaan UMKM BRIRidwan Kamil Beri Penghargaan Camat Terbaik di Jawa Barat Belajar di Singapura

Bahkan, pada Oktober 2022 diharapkan sudah tuntas sampai ke Seksi 3 dan dilakukan uji coba fungsional dan belum diberlakukan tarif alias gratis.

Tidak hanya itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berharap bahwa pada Desember 2022, Tol Cisumdawu diharapkan dapat membantu lalu lintas Nataru dan hal itu mengacu pada progres terkini.

0 Komentar