Jalan Diportal Pengembang, Warga Kecewa

Jalan Diportal Pengembang, Warga Kecewa
Portal yang dilakukan pengembang di Perumahan Putra Citra Lestari cukup mengganggu aktifitas warga setempat (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Heran dan kecewa lantaran jalan diportal oleh pengembang, pemilik ruko di Perumahan Putra Citra Lestari Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang utara merasa terganggu. Tak sampai disitu, portal juga menggangu perdagangan yang selama ini sudah berlangsung.

Seorang warga Perumahan Putra Citra Lestari, Puspa menjelaskan pemortalan jalan tersebut dilakukan sepihak lantaran tak pernah ada pemberitahuan dari pengembang yang akan melakukan penutupan jalan.

“Saya kaget tiba-tiba (jalan) ditutup. Tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Awalnya saya kira bapak pemilik toko yang menutup. Tapi malah bapak yang nanya saya siapa yang menutup jalan,” jelas Puspa, Rabu (12/10).

Baca Juga:PTSS SMPN 7 Sumedang Dilakukan Melalui PembiasaanPercepatan Produksi Imbangi Pengikisan Lahan Pertanian

Menurutnya,adanya penutupan jalan di area tersebut akan mempengaruhi perputaran ekonomi yang sudah berjalan di lokasi tersebut.

“Jalan ditutup dan diportal. Tidak ada musyawarah dulu dengan pemilik toko. Dengar-dengar kemarin ada musyawarah antara para pemilik ruko dan pengembang yang difasilitasi RW. Tapi katanya ditolak pengembang,” kata Puspa.

Belum adanya pihak keamanan membuat pemortalan jalan di lokasi tersebut tak menentu dan dinilai menggangu.

“Jam tutupnya tidak tentu. Cuma, walaupun portalnya dibuka tapi akses masuknya tetap terhambat. Jadi, di pinggir pintu masuk itu banyak pedagang, jalannya kecil sekarang ditambah lagi portal yang melintang. Sehingga mempersulit untuk masuk,” singkat Puspa.

Tokoh masyarakat sekaligus Pemerhati Kebijakan Publik Toni S Liman telah mencoba melakukan mediasi antara pihak pengembang dan pemillik ruko. Namun usahanya sia sia  dan tidak membuahkan hasil.

“Waktu itu kita sudah rundingkan. Saya menyarankan kalau untuk gerbang itu dipindah ke pos keamanan. Kita juga merekomendasikan beberapa hal seperti harus ada satpam, kebersihan dan lain-lain. Dan sepertinya gak ada lah,” jelas Toni.a

Akibatnya adanya portal penutupan jalan, sejumlah pemilik toko pun banyak yang mengeluh akan berkurangnya jumlah pembeli tiap harinya.

Baca Juga:Tata Tertib Peserta Test Tertulis Online Calon Anggota Panwascam di SumedangDorong Perusahaan Besar Berkolaborasi Dengan UMKM

“Kita kan sudah usul dan minta tolong agar jangan dipakai portal, tetep pakai portal. Nah sekarang jadinya orang yang mau beli jadi males,” sambung Toni.

0 Komentar