Isu Obat Sirup Sebabkan Gagal Ginjal, Warga Mengaku Kaget

Isu Obat Sirup Sebabkan Gagal Ginjal, Warga Mengaku Kaget
NET ILLUSTRASI
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Masyarakat resah dengan isu gagal ginjal akut yang disebabkan obat sirup.

Sebagai masyarakat biasa, tentu masih banyak yang kurang memahami kandungan yang ada dalam obat tersebut. Masyarakat hanya mengetahui kegunaan dari obat-obatan yang terdapat di apotek.

Kabar berita yang saat ini tengah marak, adanya kasus gagal ginjal akut yang diderita oleh beberapa anak di Indonesia, tentu membuat kaget masyarakat. Apalagi dugaan penyebabnya obat sirup parasetamol anak.

Baca Juga:Bencana Banjir Melanda Wilayah Jawa Timur, BRI Peduli Tanggap Darurat Salurkan BantuanAtalia Ajak Bunda dan Tokoh Agama Jadi Teladan

Salah satu masyarakat di Darmaraja Tatang menyebutkan, padahal obat sirup parasetamol anak itu obat yang paling efektif digunakan, dan cepat bereaksi menurunkan demam pada anak.

“Saya biasa gunakan obat sirup tersebut, karena dinilai efektif menurunkan demam anak,” katanya, Kamis (20/10).

Tapi, mendengar berita seperti itu, dirinya mengaku khawatir dengan kondisi anaknya. Sebab berita yang beredar, sudah banyak anak yang jadi korbannya.

“Dengar berita seperti itu, saya jadi khawatir dengan kondisi anak saya,” katanya.

Warga lainnya, di Kecamatan Cisitu, Nanang juga mengaku resah dengan adanya isu tersebut. Dia menilai, kalau benar penyebabnya dari obat sirup tersebut, maka para ahli medis dan obat-obatan selama ini mengetahui atau tidak dengan adanya kandungan zat berbahaya itu.

“Obat itu kan sudah lama beredar, apakah ada zat tambahan yang digunakan sehingga bisa mengakibatkan demikian. Dalam hal ini para medis yang lebih paham, kami hanya berharap segera lakukan tindakan, dan lakukan sosialisasi secara langsung terhadap masyarakat kalau memang obat itu berbahaya,” tukasnya. (eri)

0 Komentar