Prodi S1 Keperawatan UPI Sumedang Targetkan Nilai Akreditasi Baik Sekali

Prodi S1 Keperawatan UPI Sumedang Targetkan Nilai Akreditasi Baik Sekali
Ketua Prodi S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang Hj Iis Aisyah M.Kep.MM saat ditemui Sumeks di ruangannya, Senin (24/10) (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Hari pertama Senin (24/10), Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi di Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang berjalan lancar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tiga orang Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan (Lam- PT Kes). Mereka diantaranya NS Mukhamad Fathoni S Kep MNS, Nurmaulid S Kep NS M Kep serta Dr NS Umi Solikhah SPd M Kep.

Pada akreditasi pertama Prodi S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang berjuang untuk mendapatkan predikat mutu di peringkat Baik Sekali. Karena tidak untuk mencapai pada predikat mutu Unggul tidak mungkin.

Baca Juga:Entaskan Desa Tertinggal, Gubernur Ridwan Kamil Diganjar PenghargaanProdi S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang Gelar Akreditasi

“Hal ini disebabkan Prodi S1 Keperawatan UPI belum mempunyai lulusan. Tetapi kedepanya setelah kami meluluskan, peringkat unggul akan kami perjuangkan. Karena UPI kan pelopor di bidang Pendidikan dan non Pendidikan, semua lapisan masyarakat sudah tahu. Dan ini tidak lepas dari tingginya dukungan daripada Rektor dan Wakil Rektor sampai Direktur serta Wakil Direktur,” ujar Ketua Prodi S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang Hj Iis Aisyah M Kep MM kepada Sumeks di sela-sela acara kegiatan Akreditasi.

Dia pun bersyukur pada Senin (24/10) pihaknya mendapat kesempatan untuk di assesmen lapangan oleh tiga asesor. Simana tiga asesor itu satu dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makasar, dari Universitas Brawijaya dan dari Universitas Myhammadiyah Purwokerto.

“Para Asesor ini adalah perwakilan dari LAM – PT Kes dan tidak  mengatasnamakan Universitasnya. Tapi, memang ini adalah ditugaskan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan,” katanya.

Hj Iis Aisyah mengakui, pihaknya memang dievaluasi atau divalidasi terkait dengan 9 kriteria. Kriteria tersebut pertama adalah kaitan dengan visi misi tujuan dan strategi dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS) atau dari Lembaga UPI Kampus Sumedang juga dengan program studi Pendidikan Profesi Ners.

Kriteria kedua, pihaknya diasesment lapangan terkait dengan tata pamong, tata kelola dan kerjasama. “Jadi sejauh mana pengelolaan kami terkait dengan penyelenggaraan ini apakah audit mutu internalnya, audit mutu eksternalnya bahkan kerjasama untuk pencapaian tujuan visi misi tadi,” jelasnya.

0 Komentar