Tempat Wisata Sumedang Belum Maksimal

Tempat Wisata Sumedang Belum Maksimal
Wisata Air Cipanas Sekarwangi Kecamatan Buahdua yang terbengkalai dan belum bisa dimanfaatkan secara maksimal (DOK SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Sumedang Bagus Noorohmat mengatakan beberapa tempat wisata di Sumedang dinilai belum memenuhi syarat sebagai tempat wisata. Selain insfrastruktur, masih banyak yang harus dibenahi pemerintah daerah.

“Regulasi tempat wisata, masih banyak tempat wisata yang levelnya masih jauh dari harapan pemerintah. Kalau seperti Buricak Burinong kan itu anggarannya begitu besar dan langsung dibantu oleh provinsi, namun pengelolaannya masih terkendala. Terutama yang diserahkan pemerintahan daerah,” jelas Bagus kepada Sumeks, Rabu (26/10).

Sebenarnya, kata dia, pemerintah daerah sendiri mengharapkan adanya tempat wisata yang bisa dikelola oleh masyarakat.

Baca Juga:Antarkan UMKM Naik Kelas, BRI Perkuat Ekosistem Bisnis Berbasis Ekonomi Kerakyatan5 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya!

“Hari ini kami dari DPRD sedang melakukan evaluasi. Hingga, muncul Perda tentang Desa Wisata. Namun, desa-desa yang memiliki potensi-potensi pariwisata saat ini masih terganjal regulasi payung hukumnya,” paparnya.

Diharapkan, dengan dilaksanakanya evaluasi dapat membuat payung hukum bagi desa desa yang berpotensi memiliki tempat wisata.

“SKPD yang terkait, terutama Disparbudpora ketika telah ada payung hukumnya harus mesupport ke bawah, melihat pergerakan yang sudah terjadi di beberapa daerah,” jelasnya.

Dijelaskan, sejumlah daerah seperti Banyuwangi dan Gunung Kidul potensinya tumbuh dari bawah ke atas. Karena kesadaran masyarakat dengan pariwisata sudah tinggi.

“Selama ini ketika kita memberikan anggaran secara besar kadang kadang banyak sisi kegagalannya. Jadi kesadaran masyarakat yang harus mulai dibangun akan pentingnya pariwisata,” kata Noorohmat.

Dia menilai ketika dibukanya jalan tol nanti, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi.

“Ketika jalan tol nanti dibuka apakah akan lebih ramai kunjungan ke Sumedang atau malah makin sepi. Kalau tidak siap kemungkinan akan sepi dan mati,” tukasnya.

Baca Juga:Ngeri! Ular Piton 7 Meter Makan ManusiaIni Tanda-tanda Diabetes dan Serangan Jantung, Salah Satunya Bisa Lihat dari Kuku Kaki

Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 sendiri telah rampung dalam pengerjaannya dan akan segera dibuka. Namun masih banyak pekerjaan rumah Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang belum terselesaikan.(kga)

0 Komentar