Puskesmas Sukagalih Utamakan Preventif dan Promotif

Puskesmas Sukagalih Utamakan Preventif dan Promotif
Kepala Puskesmas Sukagalih Ida Warlinda S Kep Ners saat ditemui Sumeks di kantornya, Rabu (2/11) kemarin (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Untuk saat ini sistem pelayanan di Puskesmas Sukagalih mengedepankan sistem pelayanan Preventif dan Promotif, baik untuk di dalam gedung maupun diluar gedung.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Sukagalih Ida Warlinda S.Kep Ners kepada Sumeks, Rabu (2/11).

“Terkait jam pelayanan di Puskesmas Sukagalih, kami melayani dari mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.00,” katanya.

Baca Juga:Pelaku UMKM Manfaatkan DigitalisasiBLK Sumedang Mampu Turunkan Angka Pengangguran

Dikatakan, waktu pendaftarannya melayani dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.00. Setelah pendaftaran dilanjut pada pada fase pelayanan pasien itu bisa sampai jam 12.00 siang.

“Untuk kasus-kasus Gawat darurat, kami disini melayani dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 14.00. Kami juga disini melayani pasien BPJS serta pasien umum dengan keluhan berbagai penyakit,” katanya.

Dikatakan, Puskeamas Sukagalih  melayani konseling. Dimana, pelayanan konseling ini untuk  pasien-pasien atau masyarakat yang akan melakukan konsultasi pra nikah bagi calon pengantin atau bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi tentang gizi.

“Disini kami sebut dengan pelayanan klinik sehat. Jadi intinya Puskesmas Sukagalih tidak hanya melakukan pelayanan preventif, tetapi juga mengedepankan tentang sistem pelayanan preventif dan promotif, baik didalam gedung maupun luar gedung,” jelasnya.

Dia menuturkan, untuk kegiatan di luar gedung, pihaknya uga melayani di Posyandu dan Poskesdes. Kemudian, juga melaksanakan  mobile keliling ke daerah-daerah.

“Adapun program – program yang disampaikan terkait promosi kesehatan (Promkes) dan pelayanan Pembina wilayah kesehatan (Binwilkes) itu kami laksanakan di poskesdes-poskesdes. Terkadang kami juga berkunjung ke daerah- daerah yang masyarakatnya membutuhkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Terkait pelayanan vaksinasi Covid 19, dia menuturkan vaksinasi Covid-19 saat ini di Puskesmas Sukagalih sedang tidak tersedia, karena belum ada drop vaksinny.

Baca Juga:ANBK Sekolah Dasar Berjalan LancarPengguna APAR Baru 25 Persen

“Alhamdulillah untuk kasus covid-19 di wilayah kami, sampai sebulan ini tidak ada kasus atau nol kasus. Adapun pasien-pasien yang datang diperiksa karena terindikasi covid-19, setelah kami periksa  ternyata hasilnya negatif semua. Jadi untuk wilayah kerja kami yaitu wilayah kerja Puskesmas Sukagalih untuk kasus Covid 19 itu sudah nol kasus,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar