Satu Rumah Tertimpa Longsor, Enam Lainnya Terancam

Satu Rumah Tertimpa Longsor, Enam Lainnya Terancam
Petugas BPBD Sumedang bersama unsur TNI-Polri dan warga bahu membahu melakukan pembersihan materi longsor di Desa Ciherang, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi mengakibatkan longsor di Dusun Giriharja RT 6 RW 3 Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (6/11) sekitar pukul 15.30.

Satu rumah milik Dedi Mulyadi tertimpa material longsor yang mengakibatkan kerusakan cukup parah. Sementara, enam rumah lainnya terancam.

“Longsor ini juga mengakibatkan akses jalan gang terputus dan pipa air bersih warga sepanjang 20m terputus,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno, Senin (6/11).

Baca Juga:Pria Jogging Diseruduk Truk, Tewas di TKPSekolah Berprestasi Kekurangan Ruang Kelas

Atang menuturkan, tanah mengalami longsor dengan lebar longsoran 10 meter, panjang longsoran 30 meter dan panjang retakan lebih kurang 15 meter.

Menurutnya, ada beberapa kendala dalam melakukan penanganan longsor. Diantaranya, sulitnya medan untuk menuju lokasi dikarenakan jalan yang licin akibat banjir. Kemudian, jalur jalan yang relatif sempit dan licin. Serta,kses jalur roda 4 menuju lokasi tanjakan  relatif tinggi.

“Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sumedang melakukan assement lapangan dan memberikan himbauan kepada warga yang terdampak dan terancam untuk mengungsi ke tempat yang aman atau ke tempat sanak familinya. Serta, seluruh warga agar tetap waspada.

Atang menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pertanian terkait penataan sawah warga. Kemudian, melakukan perbaikan saluran pipa air bersih milik warga.

“Selain itu, melakukan pembersihan dan pembenahan rumah warga yang terdampak melalui kerja bhakti warga dan desa,” tutupnya. (kga)

0 Komentar