Pemotor Wajib Tahu, Bagaimana Menjaga Sistem Pengereman Dengan Baik

Pemotor Wajib Tahu, Bagaimana Menjaga Sistem Pengereman Dengan Baik
KEGGA KEGGYAN/SUMEDANG EKSPRES Sistem pengereman cakram pada motor sport
0 Komentar

sumedangekspres – Bagi para pengendara roda dua mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai macam sistem pengereman di kendaraan roda dua, ada yang menggunakan rem hidrolik (cakram), ataupun rem mekanis (terombol).

Dalam sistem pengereman banyak yang harus diperhatikan seperti sepatu rem, kabel- kabel dan daya tahan rem itu sendiri, karena sistem pengereman sendiri merpakan unsur vital dalam kendaraan, jika kurang di perhatikan rem dapat membahayakan pengemudi. Inilah Tips and trik dalam perawatan rem bagi kendaraan roda dua anda.

1. Pengecekan Secara Berkala
Kita harus selalu melakukan pengecekan secara berkala baik untuk rem bagian depan atau belakang, perhatikan juga sepatu rem janngan sampai sepatu rem aus dan akan memakan bagian piringan ataupun terombol motor.

Baca Juga:Video Bullying SMP di Kota Bandung, Korban Sampai PingsanMain Facebook Dibayar Saldo DANA 1 Juta Rupiah! Pelajari Tutorialnya Disini!

Perhatikan kondisi minyak rem, karena biasanya minyak rem diganti setelah kureang lebih 24.000 kilometer, dan jika warna minyak rem sudah berubah menjadi gelap itu pertanda minya rem harus segera di ganti.

2.Perhatikan Piston dan Master Rem.
Khusu untuk motor yang memiliki sistem pengereman cakram harus memperhatikan Master rem dan Piston Rem pasalnya dua komponen tersebut merupakan komponen vital dalam sistem pengereman.

Biasanya bila mengalami kerusakan pada Master ataupun Piston rem akan terasa sangat ringa dan tidak akan mengerem dengan baik bahkan bisa mengalami rem blong, jika komponen tersebut sudah terasa tak nyaman maka segeralah baawa ke bengkel resmi terdekat.

3.Kaliper Rem Harus Selali Dalam Keadaan Bersih
Rem cakram yang berada di bagian luar kendaraan membuat debu dan kotoran di jalan selalu ikut menempel dalam komponen rem, Jika kondisi kotor sangat bisa mempengaruhi sistem kinerja rem tersebut sehingga harus rutin dan selalu dibersihkan.

Selain itu pembersihan juga harus dilakukan dibagian handel ataupun master karena akan mempengaruhi kinerja rem, jika rem sudah terasa berat dan tak nyaman maka segeralah lakukan pengecekan ke bengkel. (kga)

0 Komentar