Legenda Keuyep Bodas Bendungan Jatigede

Bendungan Jatigede
Bendungan Jatigede
0 Komentar

sumedangkspres – Keuyep Bodas, Ramalan yang terkenal dikalangan masyarakat dan hingga saat ini masih dipercayai, Legenda keuyepbodas sendiri sudah ada sejak ratusan tahun lalu sebelum bendungan Jatigede dibangun.

Keuyep Bodas atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Kepiting Putih sudah banyak di ceritakan dari beberapa Wangsit yang dipercayai masyarakat.

Dalam cerita masyarakat Keyeup Bodas akan bangkit ketika wilayahnya tergenang oleh air, dan akan menimbulkan bencana yang cukup besar.

Baca Juga:Nonton Piala Dunia 2022 Gratis Saldo DANA Jutaan Rupiah, Baca Sampai Habis!Lirik, Makna dan Download MP3 Lagu Mesra-mesranya kecil-kecilan dulu Sal Priadi

Bukan tanpa dasar Cerita Keyeup Bodas sendiri berkaitan dengan sesar baribis yang membentang dari lembang hingga melewati jatigede.

Keuyeup bodas sendiri diceritakan pada Uga Keuyep Bodas Resi Aji Putih

Jatigede dikeum kucai bakal ngahudangkeun Keuyep Bodas anu bakal ngabobol bendungan.

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti : Jatigede di genang akan membangunkan kepiting putih yang akan menghancurjan bendungan.

Selain itu juga tertulis. Cipelang Cikamayangan, Bandung Heurin Ku Tangtung, Sumedang Ngarangrangan, Kadipaten Kapapaten, Tomo Totolomoan, Cirebon Kabongbodasan, Ujungjaya Ujung Kajayaan, Warung Peti Tempat Mayit.

Keuyep Bodas Sendiri Diceritakan dalam Wangsit Siliwangi, dalam wangsit dikatakan nanti akan ada talaga yang jebol dan mengakibatkan bencana besar.

Diceritakan juga talaga tersebut menjadi sumber pengairan sawah dan perkebunan yang ada di wilayah pajajaran, Wangsit ini tidak menentukan lokasi mana yang disebutkan dalam wangsit. (kga)

0 Komentar