Lahan Sekitar Jatigede Harus Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Lahan Sekitar Jatigede Harus Tingkatkan Ekonomi
Lahan Sekitar Jatigede Harus Tingkatkan Ekonomi (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Manfaatkan lahan di sekitar waduk jatigede, petani nantikan program yang bisa membantu tingkatkan ekonomi masyarakat.

Konsep sistem pertanian terpadu jadi salah satu program yang dinantikan petani, khusus untuk kelola lahan yang ada di sekitar waduk jatigede untuk tingkatkan ekonomi masyarakat. Sebab, selama ini hanya sebagian kecil saja warga yang berani memanfaatkan lahan yang sudah dibebaskan.

Salah satu Ketua Kelompok Tani yang ada di Desa Tarunajaya, Suharyana menyebutkan, sistem pertanian terpadu sangat cocok diterapkan untuk para petani di wilayah Waduk Jatigede

Baca Juga:Asri, Mata Air Cikandung Cocok Untuk Melepas PenatHati – Hati Memilih Tempat Service HP

“Program petani terpadu ini saya rasa sangat cocok di wilayah sekitar Waduk Jatigede,” katanya, Rabu (23/11).

Ia mengatakan, pada pelaksanaannya, semua kelompok tani di masing-masing desa bisa bekerjasama satu sama lain. Antara lain menyiapkan lahan-lahan yang kurang produktif untuk dikelola. Kemudian, menyiapkan pola tanam serta pemeliharaan tanaman secara berkelanjutan.

“Sistem pertanian terpadu akan sangat membantu para petani di Waduk Jatigede untuk mewujudkan pertanian yang kuat,” ujarnya

Menurutnya, sektor pertanian akan tetap menjadi sektor andalan bagi warga di seputar Waduk Jatigede. Mengingat kebanyakan warga di wilayah tersebut berprofesi petani.

“Seperti kita ketahui warga di seputar Waduk Jatigede adalah warga orang terkena dampak (OTD) Waduk Jatigede yang sebelumnya kebanyakan menjadi petani. Jadi sektor pertanian akan tetap jadi penopang mereka untuk pemulihan ekonomi,” tuturnya.

Dalam hal ini, pihaknya menegaskan kreatifitas para petani menjadi ujung tombak terwujudnya kesuksesan bagi petani itu sendiri.

“Kalau petaninya kreatif, yakin semua konsep akan terealisasikan dan terwujudnya kesuksesan,” kata dia. (eri)

0 Komentar