Legenda Keuyeup Bodas Bendungan Jatigede

Legenda Keuyeup Bodas Bendungan Jatigede
Nelayan di Bendungan Jatigede saat menaiki perahu untuk menangkap ikan (dok sumeks)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Legenda Keuyeup Bodas, ramalan yang terkenal di kalangan masyarakat dan hingga saat ini masih dipercaya.

Legenda Keuyeup Bodas sendiri sudah ada sejak ratusan tahun lalu, sebelum bendungan Jatigede dibangun.

Keuyeup Bodas atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Kepiting Putih sudah banyak diceritakan dari beberapa wangsit yang dipercayai masyarakat.

Baca Juga:Lirik Lagu Khayalan Tingkat Tinggi – NOAH: Khayalan Ini Setinggi-tingginyaLirik dan Chord Gitar Khayalan Tingkat Tinggi – NOAH: Khayalan Ini Setinggi-tingginya

Dalam cerita masyarakat, Keyeup Bodas akan bangkit ketika wilayahnya tergenang oleh air. Selain itu, akan menimbulkan bencana yang cukup besar.

Bukan tanpa dasar Cerita Keuyeup Bodas sendiri berkaitan dengan Sesar Varibis yang membentang dari Lembang hingga melewati Wilayah Jatigede.

Keuyeup bodas sendiri diceritakan pada Uga Keuyeup Bodas Resi Aji Putih.

Jatigede dikeueum kucai bakal ngahudangkeun Keuyeup Bodas anu bakal ngabobol bendungan.

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti: Jatigede digenang akan membangunkan kepiting putih yang akan menghancurjan bendungan.

Selain itu, juga tertulis. Cipelang Cikamayangan, Bandung Heurin Ku Tangtung, Sumedang Ngarangrangan, Kadipaten Kapapaten, Tomo Totolomoan, Cirebon Kabongbodasan, Ujungjaya Ujung Kajayaan, Warung Peti Tempat Mayit.

Keuyeup Bodas sendiri diceritakan dalam Wangsit Siliwangi. Dalam wangsit tersebut dikatakan nanti akan ada talaga yang jebol dan mengakibatkan bencana besar.

Baca Juga:Lirik dan Terjemahan Lagu Dreamers Jungkook, OST FIFA World Cup Qatar 2022Lirik Lagu Dreamers Jungkook, OST FIFA World Cup Qatar 2022

Diceritakan juga talaga tersebut menjadi sumber pengairan sawah dan perkebunan yang ada di wilayah Padjadjaran. Namun, wangsit ini tidak menentukan lokasi mana yang disebutkan didalamnya. (kga)

0 Komentar