Persiapan Perbaikan Jalan, Warga Lakukan Kerja Bakti Massal

Persiapan Perbaikan Jalan, Warga Lakukan Kerja Bakti Massal
Warga Dusun Sukakerta Desa Kebonjati melakukan kerja bakti (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Warga RT 03 dan RT 04 RW 02 Dusun Sukakerta Desa Kebonjati melaksanakan kerja bakti massal, Rabu (30/11).

Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Desa Kebonjati Jajang didampingi Kepala Dusun serta Ketua RW dan RT.

“Alhamdulillah pada hari ini di Dusun Sukakerta dilaksanakan kerja bakti untuk memperdalam drainase. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk persiapan perbaikan jalan dengan material hotmix. Insya Allah akan kami laksanakan selama 3 hari, yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Minggu dengan panjang sekita 150 meter dan lebar kurang lebih 2.5 meter,” kata Kepala Desa Kebonjati Jajang kepada Sumeks.

Baca Juga:293 Warga Cimuja Dapat BansosGerai Donasi PMI Sumedang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Dikatakan, sumber anggaran yang dipakai untuk perbaikan jalan Desa yang menghubungkan Desa Kebonjati dan Jatihurip ini, bersumber dari anggaran  Dana Desa tahun 2022.

“Sementara, untuk anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) Sarana Prasarana (Sapras) tahun 2022 sudah diterapkan pada Tembok Penahan Tanah (TPT) yang  dilaksanakan di dua titik,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk titik pertama yaitu pembuatan TPT di Dusun 2, kurang lebih panjangnya sekitar 28 meter tingginya 1,5 meter. Titik kedua  sama di Dusun 2 panjangnya 15 meter ketinggian bervariasi ada yang 4 meter, 3 meter dan ada juga yang 2.5 meter. Karena, memang tebingnya lumayan cukup tinggi.

“Kalau seandainya tidak dibangun TPT, dikhawatirkan terjadi pengkisan tanah dan terjadi erosi atau longsor. Sebab, di bawah tebing tersebut ada saluran air dan di atasnya jalan warga. Di saat musim penghujan lambat laun jalan ini akan tergerus oleh pengikisan tanah,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya pembangunan TPT dan perbaikan jalan yang menghubungkan Desa Kebonjati dan Desa Jatihurip ini, bisa mempermudah dan memperlancar mobilitas. Terutama, dalam roda perekonomian.

“Saya mengharapkan kepada rekan-rekan dan semua warga Desa Kebonjati untuk mendukung dan membantu kami serta mendo’akan kami. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan perbaikan jalan desa dengan material hotmix diberi kelancaran dan ada rezekinya,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar