BPN Sumedang Gelar Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial

BPN Sumedang Gelar Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial
Beberapa narasumber memberikan paparan pada pelaksanaan Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial di Aula Kantor BPN Sumedang, Selasa (6/12) -ACHMAD SOFA/SUMEKS-
0 Komentar

Leny berharap, nanti ada rencana aksi dari sini itu dibuat rencana aksi selama 5 tahun. Jadi setiap tahun itu harus ngapain, khususnya Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang.

“Misalnya tadi dibicarakan tentang sosialisasi. Nah sosialisasi itu bentuk harus bagaimana biar masyarakat mau pasang patok sendiri. Terus bagaimana caranya biar masyarakat mau mengumpulkan KTP dengan sukarela tanpa harus diminta,” jelasnya.

Disebutkan, harapan kedepannya yaitu program PTSL PM ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Terutama untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya untuk masyarakat di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Navicula Ingatkan Indonesia Supermarket BencanaDoa Berziarah ke makam sesepuh

Sementara itu, Tim Peneliti  Pengkaji Kerentanan Sosial Dosen dari IPB Andina Oktariani E MSi menilai kajian hasil temuan timnya terkait penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Petugas BPN Sumedang dan tim yang direkrut  BPN Sumedang yang melibatkan masyarakat menyatakan bahwa sekitar 91,43% petugas BPN Sumedang melakukan penyuluhan dan sosialisasi dengan sangat baik.

“Kami menyatakan sekitar 91,43 % tim yang direkrut oleh BPN  itu  melakukan sosialisai dan  penyuluhan dengan sangat baik oleh petugas BPN di wilayah Desa. Dimana masyarakat juga mengetahui adanya tim Puldata untuk program pelaksanaan PTSL PM ini,” jelasnya.

Disebutkan, yang menjadi perhatian penting disini adalah program pelaksanaan PTSL PM ini sudah berjalan. Dimana, prosesnya sekarang adalah melihat sejauh mana dampak dari program ini.

“Memang kami melihat beberapa dampak dari program PTSL PM ini  pertama terkait akses pembiayaan  dari dampak ekonomi memberikan kemudahan, memberikan akses kemudahan pembiayaan. Kemudian kemudahan proses jual beli, sampai kami menemukan juga terkait peningkatan rasa aman terhadap konflik-konflik tanah yang terjadi di masyarakat,” jelasnya.

Kata dia, paling menarik dari dampak program PTSL PM ini terkait peningkatan status sosial. Jadi memang mereka memiliki rasa peningkatan status sosial mereka di masyarakat itu tinggi. “Hal ini juga jadi menarik untuk bisa dilihat dampak dari adanya program PTSL PM ini,” tutupnya. (ahm/adv)

0 Komentar