Ridwan Kamil: Masjid Al Jabar Akan Diresmikan Akhir Tahun

Ridwan Kamil: Masjid Al Jabar Akan Diresmikan Akhir Tahun
0 Komentar

sumedangekspres – Proyek Masjid Raya Al Jabar yang terletak di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung akan segera di resmikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Gubenur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa proyek yang memakan anggaran hingga Rp 1 triliun itu, telah ditargetkan rampung pada akhir Desember 2022 nanti.

“Target akhir bulan diresmikan, sekitar 18 hari lagi, mudah-mudahan (selesai),” kata Emil Sapaan Akbarnya saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12).

Baca Juga:Wajib Tahu, Ini Daftar Wanita Yang Paling Berpengaruh Di Tahun 2022 !Trend Makeup yang akan booming di tahun 2023

Sementara terkait dengan penamaannya sendiri, Emil menjelaskan bahwa nama Al Jabar diambil dari istilah rumus berulang dalam mata pelajaran Matematika, yakni Al Jabar.

“Ada dua hal, memang ideologi disain dari saya itu dari matematika, yaitu rumus berulang. Dan matematika ini , identik dengan Al Jabar, eh nama provinsinya juga Jawa barat (Jabar),” ucapnya.

Selain berkaitan dengan rumus berulang, Emil juga menuturkan bahwa penamaan Al Jabar juga diambil dari salah satu kalimat Asmaul Husna yang memiliki arti maha besar.

“Jadi ada Al Jabar matematika, Al Jabar Asmaul Husna yang artinya maha besar, dan Jabar nya singkatan dari Jawa barat. Jadi itu mah sudah jodoh dari Allah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Emil menjelaskan untuk pembangunan Masjid Al Jabar telah mencapai 70 persen dan akan diresmikan pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Insyaallah Desember (2022), sekitar tanggal 30 sudah diresmikan, saat ini progresnya sudah 70 persen,” ucapnya pada Rabu (14/9) lalu.

Selain proyek pembangunannya, Emil juga mengatakan bahwa beberapa  beberapa fasilitas pendukung lainnya, kini tengah diusahakan.

Baca Juga:Lirik Lagu Secret Number TapPemprov Jabar Raih Penghargaan Pelaksanaan Pengawasan Penataan Ruang Tahun 2022

“Akses Tol sedang di lobi, jadi nanti ke sana bisa lewat Tol Padaleunyi, tidak lewat jalan sekarang. Intinya, ada banyak alternatif,” tutur Emil

Untuk diketahui Masjid al Jabar berada di wilayah Kecamatan Gedebage. Selain berdekatan dengan Jalan Tol, Masjid Al Jabar memiliki konsep masjid terapung yang dikelilingi oleh danau buatan.

Masjid yang di gagas sejak zaman Gubenur Ahmad Heryawan itu, telah memakan waktu pengerjaan selama hampir selama 5 tahun lamanya.

Selain sebagai sarana beribadah, rencanannya masjid ini memiliki konsep wisata religi dengan dilengkapi fasilitas mesium yang terletak di lantai bawah.

0 Komentar