Simak Perbedaan Siaran TV Digital dengan TV Analog

Simak Perbedaan Siaran TV Digital dengan TV Analog
Simak Perbedaan Siaran TV Digital dengan TV Analog (istimewa/www.gettyimages.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Sejak Rabu (2/11) siaran televisi (tv) analog dihentikan dan beralihnya siaran tv analog ke digital. Simak perbedaan siaran TV Digital dengan TV Analog secara lengkap di artikel ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerangkan perbedaan antara siaran kedua jenis TV itu dalam Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan Seremoni Penyerahan Bantuan STB Kementerian Kominfo RI bersama Komisi I DPR RI di YouTube.

Perbedaan

1. TV Digital Dirancang untuk Suara, Gambar dan Data.

Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti menyebutkan perbedaan pertama adalah siaran tv analog dirancang untuk suara dan gambar saja, sementara siaran tv digital dirancang untuk suara, gambar, dan data.

2. Perbedaan Sinyal

Baca Juga:Cara Pindah ke Siaran TV Digital? Simak Langkah-langkahnya!Cara Mencari Saluran TV Digital. Dengan Mudah Dan Praktis!

Selain itu, sinyal yang dipancarkan oleh siaran tv analog adalah sinyal yang ditangkap antena. Sementara, sinyal yang dipancarkan siaran tv digital merupakan sinyal sistem siaran digital. Dengan demikian, hasil yang diterima pun berbeda.

3. Kualitas Gambar

Perbedaan lainnya ada pada kualitas gambar. Niken mengatakan bahwa kualitas gambar siaran tv analog sangat dipengaruhi oleh jaraknya dengan pemancar, yang mana semakin dekat umumnya akan semakin jernih. Sedangkan, kualitas siaran tv digital lebih stabil dan minim terpengaruh pemancar.

“Kalau siaran tv analog, kalau jauh dari pemancar kan kresek kresek, kalau hujan, kadang-kadang bintik-bintik ada semutnya, tapi kalau digital benar-benar gambarnya bersih dan suaranya jernih,” papar Niken.

Siaran tv analog menggunakan pancaran dengan memodulasikannya langsung pada pembawa frekuensi. Sementara pada siaran tv digital, data terlebih dahulu dikodekan dalam bentuk digital, baru setelahnya dipancarkan. Pun biaya untuk siaran analog disebut lebih tinggi daripada siaran digital.

Niken juga menegaskan bahwa siaran tv digital tidak sama dengan siaran pada tv kabel atau TV berlangganan dari beberapa provider penyedia internet.

“Jadi tidak harus membayar bulanan. Hanya sekali saja membeli Set Top Box (STB), kemudian setelah itu sudah. Bisa langsung menikmati siaran tv digital,” kata Niken.

Niken menambahkan, siaran tv digital tidak membutuhkan kuota data seperti saat kita memakai internet, serta tidak membutuhkan internet itu sendiri.

0 Komentar