373 Warga Menerima BLT Cukai Tembakau

373 Warga Menerima BLT Cukai Tembakau
Pemerintah Kecamatan Cimanggung saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Sumedang (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk daerah penghasil tembakau mulai disalurkan, Rabu (14/12).

Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Cimanggung Oleh Salahudin SPd mengatakan penyaluran BLT untuk para petani tembakau ini yang disalurkan di Kecamatan Cimanggung untuk para petani di 6 desa. Diantaranya Desa Cihanjuang, Cikahuripan, Cimanggung,  Mangunarga, Pasirnanjung, Sindanggalih,  Tegalmanggung, Sindulang, dan Sukadana. Sedangkan, total penerima ada 373 penerima untuk tiga bulan yakni bulan Oktober, November dan Desember

“Masing-masing per bulannya Rp 300.000 jadi totalnya Rp 900.000,-. Kita pastikan tidak ada potongan,” terangnya.

Baca Juga:Sejarah Mahkota Binokasih Jadi Milik SumedangPelaku UMKM di Rest Area Belum Terdaftar

Dikatakan, pihaknya menyampaikan pesannya untuk para penerima agar dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif.

Sementara itu, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cimanggung Ani Siti Adawiyah membenarkan kalau para petani tembakau di wilayah Kecamatan Cimanggung dapat bantuan secara tunai. Para petani sendiri sebelum menerima bantuan sebelumnya ada pemberitahuan ke masing-masing desa.

Bahkan, kata dia, bagi penerima yang tidak bisa hadir bisa diambil ahli waris dengan menunjukkan KTP KK dengan surat keterangan itu harus asli.

“Jika tidak bisa hadir petugas akan mendatangi penerima manfaat yang tidak bisa datang,” tuturnya.

Ia menjelaskan pihaknya hanya sebagai penyedia tempat saja. Sedangkan yang menyerahkan BLT ada dari Bank Sumedang. Penyaluran dibagi di dua titik diantaranya kantor pertanian dan di sekitar kantor Desa Tegalmanggung.

“Semoga BLT DBHCHT dari pemerintahan ini bermanfaat untuk para petani tembakau,” paparnya.

Salah satu penerima bantuan warga Desa Cimanggung Emen merasa senang dapat BLT. Bantuan itu diterima dengan utuh tidak ada pemotongan sama sekali.

“Saya terima uang 900 ribu tanpa potongan,” pungkasnya. (kos)

0 Komentar