Etika Naik Gunung Yang Perlu Kamu Tahu

Etika Naik Gunung Yang Perlu Kamu Tahu
Etika Naik Gunung Yang Perlu Kamu Tahu(ist/Instagram/sudut pandang)
0 Komentar

sumedangekspres – Etika naik gunung yang perlu kamu perhatikan karena, tidak segampang itu ketika kita naik gunung. Apa saja etika untuk naik gunung ?.

Etika naik gunung biasanya banyak di cari. Kita selaku pengunjung seharusnya mampu memperhatikan apa saja yang perlu kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan pada saat naik gunung.

Berikut Etika Naik Gunung :

1. Jaga Sopan Santun

Satu hal paling penting yang harus kamu perhatikan ialah menjaga sopan santun. Entah kepada sesama manusia ataupun kepada alam itu sendiri. Alam juga adalah bagian dari mahluk hidup yang perlu kita jaga dan hormati keberadaannya. Jadi, usahakan kamu tidak bertindak sembrono dan semena-mena bahkan di tengah hutan sekalipun. Ingatlah, jika kamu juga adalah tamu bagi alam yang perlu menjaga sopan santun. Mulutmu adalah harimaumu, jadi sebisa mungkin jaga mulutmu dari umpatan kotor atau lebih baik diam.

2. Tidak Memetik/Merusak Tanaman Sembarangan

Baca Juga:Rahasia Kesuksesan Series Kupu Malam (2022)Nonton Kupu Malam (2022) di Rebahin, LK21, Indoxxi, Telegram?

Yang kedua, ialah tidak memetik atau merusak sesuatu sembarangan. Sebenarnya ini berlaku untuk segala hal, tapi utamanya tanaman yang merupakan salah satu mahluk hidup di sana. Ingatlah, tindakan iseng atau yang kamu anggap sepele dan remeh bisa menjadi malapetaka entah bagi diri sendiri atau orang lain. Misalkan mengganti arah penunjuk jalan yang biasanya tertempel di pohon, merusak palang jalan, dan lain sebagainya. Mengganti penunjuk arah merupakan tindakan kriminal fatal yang bisa menyebabkan pendaki tersesat, apalagi merusak palang yang sengaja dipasang karena medan terlalu berbahaya.

3. Jangan Tinggalkan Apapun Selain Jejak

Seringkali kita akan menemui banyak sampah di sepanjang perjalanan yang ditinggalkan para pendaki yang tidak bertanggung jawab. Meski sudah banyak papan pengingat untuk membawa turun sampahmu, nyatanya kesadaran masyarakat terkait menjaga lingkungan masih terbilang rendah. Mulai dari alasan ‘ah cuma satu’, ‘berat kalau dibawa’, ‘nanti juga ada yang pungut’dan berbagai macam alasan tidak bertanggung jawab lainnya. Ingatlah, tindakan sepele seperti masih membuang sampah sembarangan bisa menimbulkan bencana yang merugikan banyak orang.

4. Menghormati Kepercayaan Sekitar

0 Komentar