Sejarah Singkat Galendo Makanan Khas Ciamis

Sejarah Singkat Galendo Makanan Khas Ciamis
Sejarah Singkat Galendo Makanan Khas Ciamis
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Singkat Galendo Makanan Khas Ciamis. Galendo adalah makanan ciri khas Ciamis yang terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa.

Galendo Ciamis merupakan makanan tradisional, karena dahulu makanan ini hanya dimakan oleh masyarakat kawasan tersebut.

Makanan  masyarakat Ciamis ini turun temurun dari nenek moyang Tatar Galuh.

Pohon kelapa tumbuh subur di wilayah Kabupaten Ciamis.

Baca Juga:Tempat Wisata Papandayan Resort And Leisure Park GarutCara Membuat Cincau Dari Daun Cincau Yang Lembut Dan Kenyal, Mudah Banget!

Maka tidak heran jika buah kelapa cukup banyak yang sering menjadi sebagai bahan baku utama pembuatan minyak goreng dan sekaligus menghasilkan Galendo Ciamis.

Sejarah Singkat Galendo Makanan Khas Ciamis

Menurut jurnal UNIKOM Rizal Mulyana, berikut sejarah singkat galendo Ciamis.

Pada waktu kemarau melanda wilayah Ciamis, yang diakibatkan oleh meletusnya Gunung Galunggung pada tahun 1982 dan mengakibatkan pada pasca satu tahun bencana tersebut tanah di wilayah Ciamis tidak baik untuk tanaman dan membuat ukuran buah kelapa menjadi kecil dan tidak laku di pasaran.

Namun pada tahun 1984 kelapa yang berukuran kecil bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Ciamis sehingga bisa menjadi sesuatu yang berguna menghasilkan minyak dan Galendo Ciamis.

Namun kurang lebih 10 tahun lamanya masyarakat yang memproduksi minyak dan Galendo Ciamis tidak bisa memenuhi standar mutu yang baik, minyak mudah tengik dan hanya mampu bertahan satu minggu, begitu pula dengan Galendo Ciamis.

Galendo tradisional dikemas menggunakan cetakan sawuk.

Sawuk ini terbuat dari anyaman bambu yang bentuknya lembaran kecil.

Yang berfungsi sebagai saringan atau tempat untuk pengepressan Galendo agar Galendo terpisah dengan sisa minyak dan menghasilkan Galendo bubuk.

Sawuk ini juga dapat menambah cita rasa yang khas pada Galendo karena berbahan dasar alami.

Baca Juga:Wisata Camping Ground Di Sumedang Yang Masih Sejuk Dan Asri!Tips Cara Membuat Cilok Yang Empuk Dan Kenyal Meskipun Sudah Dingin!

Berbeda jika saringan yang untuk pengepressan menggunakan kain atau plastik, rasa dari Galendo menjadi tidak ada rasa khasnya.

Rasa Galendo akan lebih nikmat jika menggunakan anyaman yang terbuat dari bambu.

Berkat kerja keras pada tanggal 22 Agustus 1995, masyarakat yang memproduksi Galendo Ciamis bisa  berhasil menemukan cara pengolahan minyak keletik.

Galendo Ciamis menjadi tahan lama tanpa bantuan kimia hingga mampu bertahan sampai 1 tahun dengan tidak merubah aromanya yang khas.

0 Komentar