Sekilas Kisah Nabi Musa As

Sekilas Kisah Nabi Musa As
Sekilas Kisah Nabi Musa As/pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Kisah Nabi Musa As lahir di Mesir 1527 SM pada pemerintahan Merneptah, pendapat lain mengatakan Ramses Akbar atau Thutmosis atau Firaun.

Musa adalah seorang pemimpin dan Nabi orang Israel dan memiliki tugas membawa Bani Israil (Israel) keluar dari Mesir. Nama beliau disebutkan sebanyak 136 kali di dalam Al-Quran.

Musa bin Imran bin Fahis bin ‘Azir bin Lawi bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim bin Azara bin Nahur bin Suruj bin Ra’u bin Falij bin ‘Abir bin Syalih bin Arfahsad bin Syam bin Nuh. Sedangkan nama ibunda Musa memiliki nama Yukabad, pendapat lain mengatakan namanya adalah Yuhanaz Bilzal.

Baca Juga:Sekilas Kisah Pertemuan Nabi Khidir As Dan Nabi Musa AsLirik Lagu Buih Jadi Permadani – Exist Cover (Zinidin Zidan)

Nabi Musa menikah dengan puteri Syu’aib yaitu Shafura (Shafrawa/Safora/Zepoporah) dan memiliki keturunan berjumlah 4 orang, mereka adalah Alozar, Fakhkakh, Mitha, Yasin, IlyAs.

Dalam kisah Nabi Muhammad saat perjalanan menuju ke Sidrat al-Muntaha dan sampai ke langit Al-Khaliishah (Keenam), Beliau (Muhammad) melihat Musa memiliki postur tinggi dan kekar, berambut lebat, berjenggot putih dan panjang hingga menutupi dadanya, sembari memegang tongkat.

Nabi Musa diutus sebagai nabi untuk Bani Israil. Pengutusannya diperkirakan sejak tahun 1450 SM.

Pemilihannya sebagai nabi dilakukan oleh Allah dan dinyatakan dalam Surah Al-A’raf ayat 144. Inti dari ajaran yang disampaikan oleh Nabi Musa kepada kaumnya adalah tauhid. Ajaran-ajarannya adalah sama dengan ajaran Islam.

Nabi Musa meneriam wahyu pertama di kaki Bukit Tursina. Ia menerima wahyu dari balik tabir setelah melihat kobaran api. Wahyu yang diterimanya dalam bentuk suara. Pewahyuan tersebut dikisahkan dalam Al-Qur’an dalam Surah Ta Ha ayat 9–13.

Nabi Musa merupakan salah satu rasul selain Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Isa dan Nabi Muhammad. Kedudukan para rasul lebih utama dibandingkan para nabi.

Gelar yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa adalah ululazmi.

Nabi Musa menerimanya karena sifatnya yang penyabar dan memiliki pendirian yang kukuh dan teguh.

Berikut Sekilas Kisah Nabi Musa As yang dapat kami berikan.

0 Komentar