Wisuda LKP ‘Bisa Tekan Angka Pengangguran’

Wisuda LKP ‘Bisa Tekan Angka Pengangguran’
Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan sertipikat lulusan LKP kepada salah satu siswa di acara wisudawan Rabu (28/12)
0 Komentar

sumedangekspres, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengapresiasi kegiatan wisuda 1.600 siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) se – Kabupaten Bandung dan Pembagian STSL (Surat Tanda Serta Latihan) di Gedong Budaya, Soreang, Rabu (28/12).

Bupati menilai, kehadiran LKP memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kompetensi keterampilan sumber daya manusia, sehingga siap bersaing di dunia usaha atau industri.

“Ini dapat menjadi akselerasi mewujudkan visi BEDAS. Dengan adanya pelatihan, masyarakat akan mendapat keahlian sehingga siap bersaing di dunia usaha atau industri. Hal ini tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka pengangguran di Kabupaten Bandung,” jelas bupati.

Baca Juga:Pertalite Dilarang, Nelayan MeradangWarga Desak Kades Sarimekar Mundur

Di hadapan para peserta wisuda LKP, Dadang berpesan untuk tetap percaya diri melangkah ke dunia kerja.

“Perlu diingat, lulusan lembaga kursus tidak perlu minder dengan mereka yang lulusan perguruan tinggi. Sebaliknya, lulusan lembaga kursus harus merasa beruntung karena bisa mencuri start dengan bekerja lebih dulu,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga meminta seluruh lembaga pendidikan non formal untuk ikut berkontribusi meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bandung. Pasalnya hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung masih dihadapkan dengan tantangan rendahnya angka RLS (Rata-rata Lama Sekolah) dan HLS (Harapan Lama Sekolah).

Adapun angka RLS Kabupaten Bandung tahun 2021 adalah 9,07 tahun, mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 8,96 tahun. Sedangkan angka HLS tahun 2021 adalah 12,7 tahun, meningkat dari tahun 2020 yaitu 12,6 tahun. (Aph)

0 Komentar